Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TEKAN ANGKA KEMISKINAN, ASKES JADI BPJS KESEHATAN

kemiskinan-sapa-askesbpjsmiskinSAPA - Transformasi dari PT Asuransi Kesehatan (Askes/Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan menyelenggarakan kesehatan bagi seluruh penduduk per 1 Januari 2014. Hal ini menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka kemiskinan sekaligus kematian masyarakat.

Demikian ditegaskan Pakar Sistem Jaminan Sosial Nasional yang juga merupakan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Hasbullah Thabrany dalam Seminar Nasional Kompensi Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional yang diadakan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) Program Studi Kesehatan Masyarakat di Ruang Arjuna Jogja Expo Center (JEC), Minggu (17/03/2013)

Seminar yang diikuti mahasiswa bidang kesehatan dan perwakilan univesitas dari berbagai daerah ini juga menghadirkan dua pembicara lainya yaitu Kepala PT Askes (Persero) Divisi Regional VI Jawa Tengah dan DIY Andayani Budi Lestari, SE, MM, AAK dan Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dr Adang Bachtiar, MPH, ScD

"Sebenarnya penyebab kematian terbanyak di Indonesia disebabkan kebijakan pemerintah. Hal ini didasari akan kesalahpahaman akan pemahaman kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar yang memungkinkan tubuh secara fisik dan mental berfungsi dan berproduksi normal bukan pengobatan berbiaya murah," tandasnya.

Menurut Prof Hasballah Jaminan Kesehatan Nasional (JamKesNas) merupakan pecegahan agar orang tidak jatuh miskin. Di Indonesia, 50 persen penduduk yang perlu perawatan harus meminjam atau menjual harta benda dimana hal ini menciptakan kemiskinan baru. Setelah perjuangan panjang, sepuluh tahun setelah UUD45 diamendemen untuk menjamin seluruh rakyat, akhirnya Indonesia memiliki Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN) dan UU BPJS yang melahirkan sistem baru JamKesNas.

 

 

Sumber : krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook