Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMPROV BANTEN SALURKAN BANTUAN RP. 1MILIAR UNTUK GERBANG RATU

kemiskinan-sapa-gerbangratubantenSAPA - Penyaluran bantuan keuangan oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui pola PNPM mandiri untuk setiap kecamatan Rp1 miliar dengan nama Gerakan Pembangunan Kecamatan Rakyat Banten Bersatu (Gerbang Ratu).

"Program 'Gerbang Ratu' ini akan diluncurkan oleh gubernur Senin (17/3) besok," kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Banten Sigit Suwitarto di Serang, Minggu.
Ia mengatakan, untuk tahap pertama dari delapan kabupaten/kota di Banten, sebanyak lima daerah mendapatkan program tersebut yang akan menerima Rp1 miliar per-kecamatan dari APBD Banten 2013.

Sigit Suwitarto mengatakan, kelima daerah itu adalah Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Sedangkan tiga daerah di wilayah Tangerang belum menerima program tersebut, karena mekanisme penyalurannya masih belum ada kesepakatan.

"Program ini kan mekanismenya seperti program PNPM Mandiri, lima daerah sudah menyatakan setuju dengan mekanisme itu. Sedangkan tiga daerah lainnya belum ada kesepakatan," kata Sigit.

Lima daerah yang akan mendapatkan bantuan tersebut yakni Kota Cilegon sebanyak delapan kecamatan, Kota Serang enam kecamatan, Kabupaten Serang28 kecamatan, Kabupaten Lebak 28 kecamatan, dan Kabupaten Pandeglang sebanyak 35 kecamatan.

Menurut Sigit, lima daerah tersebut udah menyusun perencanaan program, bahkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sudah disusun oleh masing-masing kecamatan.

Alokasi anggaran sebesar Rp 1 miliar tersebut khusus diperuntukkan pembangunan infrastruktur 94 persen dan sisanya 6 persen untuk pengelolaan. Sigit mengatakan, program Gerbang Ratu tersebut dipadukan dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Provinsi Banten.

Program Gerbang Ratu yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan melalui padat karya, yang melibatkan berbagai unsur dan elemen masyarakat dalam pembangunan. Bantuan keuangan kepada daerah di seluruh Provinsi Banten ini langsung ke kecamatan sebagai lokus pembangunan mengikuti pola PNPM Mandiri.

 


Sumber : Ciputranews dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook