Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RBM PNPM SUKSES DI KABUPATEN KARANGASEM

kemiskinan-sapa-rbmpnpmmandirikrgasemSAPA - Program Pemerintah yang sukses mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) yang bertujuan mengatasi masalah kemiskinan, telah terbukti dan menghasilkan sejumlah bangunan fisik maupun non fisik di Kabupaten Karangasem.

Keberadaan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) dalam membantu kelancaran pelaksanan program PNPM-MPd tersebut kini kehilangan sumber dana akibat putusnya alokasi anggaran dari pusat.

Dalam acara gebyar RBM, Senin (18/3), Ketua Pokja RBM I Nyoman Winata, SH mengatakan, pelaksanaan Ruang Belajar Masyarakat yang telah berjalan selama dua tahun masih perlu ditingkatkan dan disosialisasikan.

Namun, dia menyayangkan pemerintah pusat menghentikan alokasi anggaran biaya untuk kegiatan RBM tersebut. "Untuk itu diharapkan pemerintah daerah bisa membantu mengalokasikan anggaran guna membantu operasional kegiatan RBM," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan RBM telah dirasakan manfaatnya dan berhasil sebagai tempat belajar masyarakat dalam pengelolaan pemerintah dalam arti luas.

Gebyar RBM yang disokong 100 orang pelaku PNPM-MPd tingkat desa, kecamatan dan kabupaten itu dilakukan sebagi media sosialisasi dan evaluasi kegiatan RBM sebagai wadah kemandirian dan pengelolaan pembangunan partisipatif dan pengorganisasian masyarakat baik di bidang hukum, pengawasan, media dan muatan ekonomi lokal.

Bupati Karangasem I Waya Geredeg, SH diwakili Asisten Tata Praja I Ketut Wage, SH, M.Si, menilai kegiatan PNPM-MPd yang telah berlangsung sejak tahun 2003 di Kabupaten Karangasem sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas kegiatan PNPM-MPd di Kabupaten Karangasem dipandang perlu dilanjutkannya kegiatanb RBM sebagai upaya penguatan PNPM-MPd.

Kegiatan RBM di antaranya pelatihan lanjutan advokasi hukum, pelatihan tim pelatih masyarakat, pelatihan pengembangan kelompok simpan pinjam khusus perempuan, pengawasan berbasis masyaraklat dan pelatihan lanjutan pengembangan media.

Dikatakan, rangkaian pelaksanan kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan di Kabupaten Karangasem tidak lepas dari peran pelaku yang senantiasa menunjukkan pengabdiannya demi untuk kesuksesan program tersebut.

"Jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Karangasem masih relatif tiggi yang masih memerlukan perhatian. Selain pengelolaan anggaran yang efisien efektif dan tepat sasaran dalam pengentasan kemiskinan, koordinasi dalam berbagai program penanggulagan kemiskinan sangat diperlukan," katanya.

Acara gebyar RBM tersebut diisi pula dengan acara penandatanganan prasasti proyek pengaspalan jalan di jalur Tukad Tiis dengan dana BLM sebesar Rp232.735.500, didukung dana swadaya sebesar Rp1.250.000 tahun 2012, yang dikerjakan secara swakelola serta didukung oleh Ditjen Pemberdayaann Masyarakat dan Desa, Kemendagri, Pemkab Karangasem Provinsi Bali.

Prasasti ditandatangani oleh Bupati Karangasem dan sebelumnya kegiatan telah didahului dengan pelaksanaan antara lain lomba tingkat Kabupaten di bidang Tim Pengelola Kegiatan dan Lomba Kader Pemerintah Masyarakat Desa, dengan pemenang antara lain TPK Rendang, Karangasem dan Bebandem, sedangkan KPMD dimenangkan oleh Kecamatan Selat, Abang dan Manggis.

 


Sumber : infopublik dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook