Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

14,2 MILIAR RUPIAH UNTUK SHARING DANA PNPM INTEGRASI

pnpmlogo

SAPA - Berdasarkan hasil sinergi dari perencanaan politis, teknokratis, dan partisipatif di dalam PNPM-MPd Integrasi, pada tahun 2013 ini pemerintah daerah menambah alokasi dari APBD untuk Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) sebesar Rp 14,2 miliar dan APBD provinsi sebesar Rp 500 juta.

Hal ini sebagaimana harapan pemerintah pusat yang mendorong partisipasi pemerintah daerah yang lebih besar dalam program ini sebagai bentuk komitmen dalam pengentasan kemiskinan di daerah.

23 Kecamatan mengikuti Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) prioritas usulan PNPM-MPd Integrasi Sistem Pembangunan Partisipatif-Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Pra Musrenbang ini dibuka Kepala Badan Pemberdayaan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPDPKB) Kapuas Hulu, Senin (18/3) pagi, di Gedung Majelis Adat dan Budaya Melayu.

Ketua Panitia M Nasharuddin SE mengatakan peserta pra-musrenbang sebanyak 138 yang terdiri dari 23 Kecamatan se-Kapuas Hulu. Masing-masing kecamatan terdiri dari enam utusan, mulai camat, seorang kades, seorang Ketua BKAD, seorang tokoh masyarakat, dan dua orang unsur perempuan. Sementara narasumber terdiri dari dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Bappeda, Dinas Cipta karya dan Tata Ruang, dan Dinas Bina Marga dan Perairan.

"Tujuan utama kegiatan ini sebagai upaya melembagakan sistem pembangunan partisipatif. Sementara tujuan khususnya agar dapat menyusun usulan prioritas untuk menyerap dana PNPM-MPd Integrasi," jelasnya.

Sementara Drs Ibrahim MSi menjelaskan PNPM-MPd yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 adalah salah satu program dalam meningkatkan kemampuan masyarakat menuju kemandirian dan menjadi icon bagi program-program yang kaitannya dengan penanggulangan kemiskinan dengan metode pendekatan pemberdayaan masyarakat melalui sistem pembangunan partisipatif.

Pada tahun 2012 lalu, Kapuas Hulu menjadi salah satu dari 83 kabupaten yang dipilih untuk melaksanakan PNPM-MPd Integrasi Sistem Pembangunan Partisipatif-Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Tahun 2013 ini menjadi 110 kabupaten yang melaksanakan PNPM-MPd Integrasi di seluruh Indonesia. Sedangkan alokasi dana meliputi APBN (dana urusan bersama) sebesar Rp 3 miliar dan dana APBD yang wajib disediakan sebagai Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) sebesar Rp 1 miliar. Dengan demikian total sebesar Rp 4 miliar alokasi dana yang akan diserap melalui mekanisme PNPM-MPd Integrasi.

Program ini memberikan pembelajaran, bahwa tidak semua usulan akan dapat didanai pada tahun yang bersangkutan. Sehingga semua usulan-usulan harus dinilai bersama untuk menentukan usulan mana yang lebih dahulu akan didanai mengingat dana yang tersedia terbatas. Sehingga dalam musyawarah ini agar setiap orang dapat menilai usulan-usulan yang ada dengan menggunakan cara pandang kabupaten.

Di samping itu usulan-usulan yang belum terdanai tentu masih ada upaya lain untuk mendanainya yakni melalui SKPD terkait dan program lainnya. Hal ini akan disinergikan dalam forum musyawarah perencanaan selanjutnya baik di eksekutif maupun legislatif.

 

equator - news dot com

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...
PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, kebijakan...
KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (...
DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa di era kepemimpinan Presiden...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook