Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SUBSIDI BERAS BAGI 15,5 JUTA JIWA KELUARGA MISKIN

kemiskinan-sapa-subsideberassosial

SAPA - Pemerintah kembali meluncurkan program subsidi beras bagi 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau 25% total masyarakat miskin di seluruh Indonesia. Jumlah beras yang digulirkan mencapai 2,7 juta ton dengan total anggaran mencapai Rp17,1 triliun.

Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri dalam konferensi pers peluncuran raskin 2013, di kantor Kementerin Sosial, Jalan Salemba, Jakarta, Senin (18/3) mengatakan, program raskin bertujuan mengurangi beban rumah tangga sasaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras, penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan, serta memastikan kelompok miskin mendapat cakupan pangan dan nutrisi karbohidrat.

Raskin akan disalurkan selama 12 bulan ke depan dengan masing RTS mendapatkan 15 kg. Masyarakat yang dikategorikan berhak mendapatkan hanya perlu membayar Rp1.600 dari nilai harga dasar beras yang sebesar Rp 7.751. "Jadi kita memberikan subsidi untuk 1 kg beras sebesar Rp 6.151," ujar Salim.

Pengelolaan Oleh Kementerian sosial

Yang berbeda pada pelaksanaan raskin tahun ini adalah dari sisi pengelolaan anggaran. Tahun ini, pengelola Kuasa Penggunaan Angaran (KPA) langsung dipegang Kementerian Sosial dari sebelumnya oleh Badan Urusan Logistik.

"Bulog sesuai dengan penugasan pemerintah bertugas sebagai penyedia dan penyalur raskin. Dalam pelaksanaan program raskin melibatkan beberapa kementerian/lembaga seperti Kemenko Kesra, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Pemerintah Daerah," imbuh Mensos.

Untuk transparansi dan tertib administrasi, Kemensos mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawal dan mengawasi adanya penyimpangan.

"Kami sudah menyurati KPK sejak lama untuk melakukan pengawalan keberhasilan pelaksanaan program raskin bersama dengan BPK dan BPKP yang sekaligus mengaudit pelaksanaan program ini," kata Salim.
Harga tebus beras ini Rp1.600 per kg, dan pemerintah memberi subsidi Rp6.151 per kg.

 

 

Sumber : Waspadamedan dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook