Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

FASILITATOR HARUS SIAP MENTAL UNTUK TERJUN DI LOKASI PERDESAAN

kemiskinan-pemiskinan-fasilitator

SAPA - Para calon fasilitator yang mengikuti pelatihan adalah mereka yang terpilih dari hasil seleksi fasilitator PNPM Mandiri. "Karena dari sekian calon pelamar yang telah mengikuti berbagai tahapan seleksi, mulai dari seleksi pasif hingga seleksi aktif, adalah yang terbaik dan terpilih untuk ikut mengikuti seleksi akhir pada pelatihan pra tugas gelombang pertama tahun 2013," kata Kepala BPMDPK Provinsi Gorontalo Risjon Sunge, belum lama ini.

Pelatihan pra tugas secara umum, bertujuan memberikan orientasi dan pembekalan kepada calon fasilitator kecamatan, agar siap secara mental, pengetahuan, dan keterampilan sebelum diterjunkan di lokasi-lokasi PNPM mandiri perdesaan.

Selain itu untuk meningkatkan kapasitas konsultan fasilitator PNPM di kecamatan dalam melakukan pendampingan, fasilitasi proses, dan pembimbingan kepada para pelaku baik di tingkat kecamatan maupun desa serta dipahaminya pengertian program PNPM Mandiri Perdesaan sebagai program fasilitasi masyarakat dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sehingga akan bermuara pada kemandirian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Disamping itu pelatihan pra tugas ini juga sebagai bagian seleksi akhir bagi calon fasilitator kecamatan yang telah lulus seleksi aktif untuk ditempatkan di lapangan," katanya.

Lebih lanjut Risjon Sunge mengatakan, kunci keberhasilan dari pelaksanaan dan pengelolaan PNPM adalah tergantung dari kompetensi para pelaku di dalam penerapan prinsip, aturan dan mekanisme yang tertuang dalam Petunjuk Teknik Operasional (PTO) maupun Standar Operasional Prosedur (SOP), khususnya menyangkut kode etik konsultan.

 

infopublik dot org

Terpopuler

Terbaru

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menuturkan...
KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes...
LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

SAPA INDONESIA - WARGA Jepara semakin dimudahkan dalam melaporkan...
BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

SAPA INDONESIA - PUNCAK acara Gebyar PKL Kabupaten Kudus ke-5...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook