Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERTUMBUHAN EKONOMI SERGAI MENINGKAT 6,58 % DARI TAHUN 2005-2012

kemiskinan-sapa-sukirmanekonomimeningkat

SAPA - Dengan semangat kebersamaan dan kerja sama antar masyarakat telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini terlihat selama kurun waktu tahun 2005 – 2012 pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus mengalami peningkatan dari 5,91% pada tahun 2005 menjadi 6,58% pada tahun 2008 dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku pada tahun 2005 sebesar Rp 5.059.770.000.000,- meningkat menjadi Rp 9.521.000.000.000,- pada tahun 2010.

Data itu diungkapkan Wakil Bupai Sergai Ir. H. Soekirman pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2013 Kabupaten Sergai di aula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati di Sei Rampah, yang dihadiri unsur FKPD Sergai, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si, paraanggota DPRD, para Kepala SKPD dan Camat, pimpinan ormas, organisasi pemuda, tokoh agama dan tokoh pemuda serta unsur masyarakat Sergai lainnya.

Diutarakan Wabup Soekirman, selain pertumbuhan ekonomi dan PDRB, juga berbagai permasalahan yang dihadapi Kabupaten Sergai kurun waktu 2005 - 2010 secara bertahap telah dapat diselesaikan dengan baik dan sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2010 sebesar 73,25 meningkatmenjadi 73,64 tahun 2010 yang ditandai dengan membaiknya derajat kesehatan, tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakat. Sementara itu jumlah pendudukmiskin juga mengalami penurunan dari 12,34% pada tahun 2006 menurun menjadi 8,99% pada tahun 2010.

Pembangunan Kabupaten Sergai ke depan akan terus dilanjutkan sesuai dengan kemampuan anggaran dan program yang telah direncanakan melalui musrenbang yang diawali dari musrenbang desa dan musrenbang kecamatan. Sehingga melalui Musrenbang RKPD kali ini dapat bermakna dalam memecahkan masalah pembangunan secara bersama. Dan yang terpenting dapat menciptakankesesuaian program pembangunan daerah sesuai dengan tema Musrenbang RKPD tahun 2013 ini "Meningkatkan Pembangunan di Pedesaan Sebagai Upaya Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Masalah Sosial Melalui Gerakan Pembangunan Swadaya Masyarakat (Gerbangswara)", ujar Wabup Sergai.

Dikemukakan Wabup Sergai, sebagai lanjutan pembangunan pelaksanaan RPJMD tahapan keempat ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat pada sektor pendidikan dan kesehatan serta mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Lebih lanjut Soekirman mengatakan skala proritas program pembangunan padatahun 2014 masih melanjutkan prioritas program pembangunan tahun 2013 dan sepenuhnya mendukung pencapaian target MDG'S, yaitu tetap mendorongpeningkatan IPM melalui peningkatan infrastruktur dasar yang menunjang sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan dan investasi. Kemudianmelakukan reformasi birokrasi serta meningkakan kesempatan kerja, kesetaraan gender dan penanggulangan kemiskinan, terang Soekirman.

 

 

Sumber : dnaberita dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook