Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KOTA PALOPO : WARGA MISKIN MENCAPAI 9.425 JIWA

 

kemiskinan-sapa-palopomiskinkotaSAPA - Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Kota Palopo mencapai 9.425 jiwa, dari jumlah penduduk per 22 Januari 2013 sebesar 179.721 jiwa. Demikian diungkapkan Kasi Statistik BPS Kota Palopo, Wisnu Pratikno, kepada Palopo Pos, Selasa 19 Maret 2013, kemarin.

BPS sendiri juga mencatat bahwa kondisi rumah dan lingkungan yang tidak layak di Kota Palopo masih berkisar 2.039 rumah. Padahal, data masyarakat miskin yang dijadikan acuan untuk penentuan penerima beras raskin. "Jumlah masyarakat miskin Palopo yang terdata yang menjadi acuan penentuan penerima raskin," tuturnya, Selasa 19 Maret 2013, kemarin.

Jika mengacu pada jumlah penduduk Palopo yang dijadikan data penduduk potensi pemilih yang digunakan pada saat pemilukada sebesar 179.721, dengan jumlah masyarakat mencapai 9,425, maka persentase masyarakat miskin Palopo mencapai 5,2 persen.

Untuk mengatasi berbagai persoalan kemiskinan di Kota Palopo, salah satu tawaran dari pemerintah melalui Program Nasional Mandiri Perkotaan (PNPM). Untuk tahun ini berdasarkan data dari Koordinator Kota (Korkot) PNPM Perkotaan, jumlah alokasi anggaran PNPM Perkotaan mencapai Rp5,9 miliar.

Korkot PNPM Mandiri Perkotaan Palopo, Andi Baso, menyatakan bahwa PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

"PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan, khusus untuk Palopo anggarannya mencapai Rp5,9 miliar," tuturnya, Selasa 19 Maret 2013.

Lebih jauh dirinya menjelaskan bahwa untuk mengatasi berbagai persoalan kemiskinan, maka pihaknya senantiasa mengacu pada tiga jenis program masing-masing dalam bentuk bantuan langsung masyarakat, infrastruktur dan bantuan sosial seperti bedah rumah.

Selain itu, untuk pengalokasian anggaran, dirinya menjelaskan bahwa anggaran pengentasan kemiskinan diperoleh dari Angaran Pendapatan dan Belanja Negara serata berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Khusus untuk setiap masyarakat di kelurahan se-Kota Palopo mendapat bantuan untuk itu. Hanya saja, nilainya bervaraiasi, ada yang mendapat anggaran sebesar Rp200 juta, Rp150 juta dan paling rendah mendapat Rp75 juta, semua kelurahan mendapat bantuan itu.

Secara terpisah Sekretaris Kota Palopo, Syamsul Rijal, menyatakan bahwa pengentasan kemiskinan merupakan kewajiban semua pihak. Untuk itu pihaknya mengaku akan konsen dalam hal itu selain melalui program PNPM adapula program yang terdapat di beberapa SKPD.

"Pengentasan kemiskinan merupakan tanggung jawab semua pihak, memang PNPM merupakan salah satu program dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan yang alokasi anggarnya selain dari APBN terdapat pula APBD. Selain itu, ada juga program lainnya di pemerintah," ujarnya.

 

 

Sumber : palopopos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

SAPA INDONESIA - TIGA kecamatan masih mendominasi desa rawan...
KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Purworejo menargetkan...
ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENURUT data dari BPS Boyolali, data makro...
KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

SAPA INDONESIA - KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook