Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DISTRIBUSI ASET

kemiskinan-sapa-slemanasetdistribusi

SAPA - Dalam upaya melakukan pemberdayaan masyarakat , Pemerintah Kabupaten Sleman memakai strategi distribusi asset yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

"Dalam melakukan pemberdayaan masyarakat strategi yang dilakukan Pemkab Sleman adalah distribusi aset. Melalui strategi tersebut, Pemkab Sleman menekankan pada pemberian kail untuk pengembangan kreativitas dan potensi masyarakat, guna memperbaiki taraf hidup atau kesejahteraannya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sunartono, Jumat.

Menurut dia, distribusi aset dilakukan memalui peningkatan kapasitas pengetahuan, keterampilan, bantuan peralatan, dan kemudahan mengakses permodalan usaha melalui perguliran.

"Pelatihan yang diberikan adalah keterampilan dengan memanfaatkan potensi lokal dan dapat secara langsung memberikan nilai ekonomis, setelah itu diberi akses mendapatkan pembinaan dan modal kerja," paparnya.
Ia mengatakan, dengan pola demikian masyarakat terutama masyarakat kurang mampu memiliki akses modal baik keterampilan maupun modal usaha, sehingga memiliki kemampuan untuk berkarya dan berdaya.

"Upaya pemberdayaan juga yang dilakukan dalam strategi penanggulangan kemiskianan, selain menterpadukan dan mensinergikan berbagai program secara lintas sektoral. Mengingat bahwa penanganan kemiskinan dan penangguran tidak dapat dilakukan secara sektoral," ucapnya.

Sunartono mengatakan, upaya ini telah mampu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman sebesar 2,59 persen dengan penurunan jumlah kepala keluarga (KK) miskin sebanyak 7.376 KK.

"Pada pendataan 2010 terdapat 57.979 KK miskin dari 303.301 KK di Kabupaten Sleman atau 19,16 persen. Pada pendataan 2011 terdapat 50.603 KK miskin dari 305.376 KK di Kabupaten Sleman atau 16,57 persen," tuturnya.
Ia mengemukakan, pendataan pada 2012 mencatat jumlah KK miskin di Kabupaten Sleman sebanyak 49.471 KK miskin dari 312.089 KK atau 15,85 persen.

"Kondisi tersebut menurun 1.132 KK dibandingkan tahun 2011" katanya.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, katanya, dilaksanakan dengan pengadaan dan perbaikan sarana prasarana sekolah, puskesmas dan rumah sakit, penyempurnaan sistem pelayanan dan peningkatan kualitas pelayanan.

"Demikian juga dalam melaksanakan misi meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat, diupayakan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang mudah diakses oleh setiap warga masyarakat Sleman," ujarnya.

 


Sumber : Antaranews yogya dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook