Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PULUHAN DESA DI KABUPATEN MALANG MASIH TERTINGGAL

kemiskinan-sapa-kabmalangmskn

SAPA - Sebanyak 51 dari 378 desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih berada dalam kategori desa tertinggal. Untuk mengurangi desa tertinggal secara bertahap, pemerintah terus menjalankan program Bina Desa yang membangun infrastruktur akses jalan, saluran air bersih serta pembangunan rumah ibadah.

"Program Bina Desa ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Setiap desa tertinggal akan mendapatkan giliran untuk kami 'sambangi' minimal dua hari. Kami tinggal dan bermalam di rumah penduduk untuk bersama-sama membangun desa tersebut," ujar Bupati Malang Rendra Kresna.

Selain membangun infrastruktur, Pemkab Malang juga memberikan bantuan berupa bahan pokok, peralatan kompor gas berbahan limbah kotoran sapi, serta pelatihan keterampilan untuk meningkatkan pengetahuan warga, yang nantinya bisa menjadi bekal kerja.

Menurut Rendra, selama kunjungan ke sejumlah desa tertinggal, seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga melakukan pendampingan agar bisa langsung mendengar aspirasi dan keluhan warga.

Guna mempercepat pembangunan dan mengentaskan desa tertinggal, Pemkab Malang mengucurkan dana sebesar Rp1 miliar per desa. Sebab, perbaikan dan pembangunan akses jalan serta infrastruktur lainnya menjadi skala prioritas.

Jumlah desa tertinggal di Kabupaten Malang berkurang cukup signifikan dari tahun 2011 yang mencapai 110 desa. Pengentasan desa tertinggal ditangani lintas SKPD dengan evaluasi di setiap tahun.

Sebelumnya Sekretaris Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Malang Nurman Ramdamsyah mengatakan, ada 15 indikator yang menjadi bahan evaluasi desa tertinggal. Indikator tersebut di antaranya jalan desa, sarana kesehatan, sarana pendidikan, tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk serta kondisi sanitasi serta sumber air.

"Desa-desa yang masih belum terentaskan ini akan digelontor dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang ditangani lintas SKPD. Kalau semua fokus pada desa tertinggal, pasti tidak lama lagi Kabupaten Malang terbebas dari desa tertinggal," tegas Rendra.

 


Sumber : Metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook