Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERINGKAT 10 DARI 12 KABUPATEN/KOTA DI SULTRA, IPM MUNA MASIH RENDAH

kemiskinan-sapa-munakendarisultra

SAPA - Pekerjaan extra berat untuk Pemerintah Daerah Muna guna mensejajarkan dengan daerah lain di Sultra. Kondisi perkembangan pembangunan Muna masih terbelakang, indikatornya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Muna, menduduki peringkat ke 10 dari 12 kabupaten/kota di Sultra. Hal tersebut diakui Bupati Muna LM Baharuddin, saat pembukaan musrembang Kabupaten, di aula Galampano Kantolalo akhir pekan lalu.

dr Baharuddin menjelaskan, IPM menggambarkan tingkat perkembangan pembangunan pendidikan, tingkat perkembangan pembangunan kesehatan dan daya beli masyarakat. "IPM Muna menduduki peringkat ke 10 dari 12 kabupaten/kota di Sultra," katanya.

Namun, kata mantan Kadis Kesehatan Muna itu mengaku, rendahnya IPM Muna tidak berarti pembangunan tidak berkembang. IPM Muna tiga tahun terakhir terus mengalami perbaikan. Dimana pada tahun 2010, IPM Muna sebesar 67,03 persen, tahun 2011 sebesar 67,45 persen dan terus meningkat ditahun 2012.

"Perkembangan pembangunan di Muna, ditentukan oleh peran kita semua. Hubungan harmonisasi antara tokoh masyarakat, LSM, tokoh pemuda dan Legislatif. Hubungan harmonis dan sinergitas semua elemen, sangat menentukan masa depan perkembangan daerah,"kata Bupati.

Meski laju perkembangan IPM masih cukup rendah, lanjut Bupati, Muna mencatat berbagai kemajuan dan prestasi dalam kurun dua tahun terakhir. Dokter, (begitu Ia disapa), menyebutkan, dengan kondisi keuangan daerah yang pelik khusus permasalahan utang. Pemda telah melakukan pembenahan penatausahaan keuangan dan aset daerah. "Kita bisa mendapat opini BPK, wajar dengan pengecualian (WDP). Dimana selama tiga tahun terakhir, selalu disclaimer," ungkapnya.

Kemudian, di Pertanian dalam usaha mendukung ketahanan pangan Nasional, peningakatan produksi padi Muna berhasil melampaui target peningkatan produksi yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. "Kita mendapatkan penghargaan dari Presiden RI atas prestasi tersebut,"sebutnya.

Tidak cukup sampai disitu, dibidang sosial Pemda Muna mendapat penghargaan dari Pemerintah RI dalam pembangunan bidang sosial. Dibidang transmigrasi, Muna juga mendapat penghargaan atas dukungan Pemda dalam pengembangan daerah transmigrasi.

Selain itu, lanjut dr Baharuddin, Pemda Muna mampu menekan angka kemiskinan. Angka kemiskinan Muna mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Meski tingkat kemiskinan masyarakat Muna dibandingka kemiskinan masyarakat Provinsi Sultra masih lebih tinggi. Saat ini tingkat kemiskinan masyarakat Muna sebesar 17,37 persen dan kemiskinan masyarakat Sultra 15,70 persen. "Posisi status kesejahteraan masyarakat Muna menempati urutan ke enam di Sultra,"sebutnya.

Lalu, untuk angka pengangguran di Muna masih lebih rendah dibandingkan angka penganggura Sultra. Angka pengangguran Muna sebesar 2,32 persen dan Sultra 2,99 persen. Dibidang perekonomian, angka PDRD Muna telah mencapai Rp 2.611 miliar dan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya Rp 2.419 M. Mengalami peningkatan sebesar 7,97 persen. Capaian pertumbuhan ekonomi Muna, telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebesar 7 persen. "Namun demikian pertumbuhan ekonomi Muna, masih berada dibawa pertumbuhan ekonomi di Sultra,"katanya.

Pendapatan daerah, terjadi perbaikan penerimaan daerah. Tahun 2009 sebesar Rp 574 M, tahun 2013 mengalami peningkatan menjadi Ro 910 M, meningkat 58,5 persen.

 

 

Sumber : kendarinews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook