Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MUSRENBANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN 2014

kemiskinan-sapa-delapanagendamusrenbangPP

SAPA - Dalam Musrenbang Kabupaten Padang Pariaman 2014, ada delapan agenda yang dibahas. Tetapi yang menjadi prioritas utama pada 2014 adalah : Peningkatan pembangunan ekonomi yang tangguh dan berdaya saing, dengan penekanan pada kegiatan untuk pengembangan teknologi budidaya pertanian, pemberdayaan petani/nelayan, pengendalian hama terpadu, pengembangan desa mandiri pangan, serta integrasi perikanan-pariwisata dan industri kecil". Demikian yang diungkapkan sekdakab Padang Pariaman, Mawardi Samah dalam sambutannya ketika membuka Musrenbang kemarin (25/3) di aula kantor Bupati Parit Malintang.

Hadir dalam pembukaan Musrenbang ini, ketua DPRD yg diwakili oleh Herizal Lazran, Muspida Padang Pariaman, kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Rahmad Sani, beberapa anggota DPRD di antaranya : Syafri CR, Zaiful Leza, Syafruddin, Kancab Bank Nagari Pariaman, ketua DPD KNPI serta para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Kemudian, Mawardi Samah yang membacakan sambutan bupati, menegaskan bahwa RKPD Padang Pariaman tahun 2014 pada prinsipnya menekankan pada pencapaian kesejahteraan masyarakat melalui percepatan penanggulangan kemiskinan, pengurangan tingkat pengangguran, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan daya saing lokal, serta pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Selanjutnya, sekda juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Musrenbang yang telah dilaksanakan di kecamatan, ternyata usulan masyarakat masih didominasi oleh pembangunan fisik berupa jalan, jembatan, irigasi dan lain-lain. " Padahal masih banyak sektor lain yang mesti dipenuhi seperti aspek kehidupan ekonomi dan sosial budaya masyarakat," tegasnya.

Untuk itu, Mawardi Samah mengharapkan peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Padang Pariaman dapat melakukan dialog yang konstruktif, sehingga melahirkan gagasan dan usulan yang strategis dan benar-benar aspiratif dalam mewujudkan pencapaian visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tutupnya mengakhiri sambutan.

Sementara kepala Bappeda Padang Pariaman Taslim, dalam kesempatan itu menyampaikan perlunya Musrenbang karena amanat UU no. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, mewajibkan setiap daerah melaksanakan Musrenbang dalam rangka menyusun dokumen perencanaan yang disebut RKPD.

Menurut Taslim, Musrenbang RKPD tahun 2014 mempunyai tujuan mendapatkan masukan untuk penyempurnaan RKPD berupa kegiatan dan prioritas pembangunan serta plafon/pagu dana. "Musrenbang yang dilaksanakan selama tiga hari ini, dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan," ujar Taslim.

Kemudian Taslim menambahkan bahwa Hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini akan merumuskan kesepakatan tentang kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2014. "Setelah itu dilakukan klarifikasi dan penajaman dengan SKPD. Kemudian dilaksanakan supervisi kegiatan ke lapangan tentang kelayakan lokasi," imbuh kepala Bappeda ini.

Musrenbang RKPD Kabupaten Padang Pariaman akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 25 sampai 27 Maret 2013 dengan peserta dari SKPD, camat, wali nagari serta organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan. Sedangkan nara sumbernya berasal dari anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman.

 

Sumber : Padang todays dot com

Terpopuler

Terbaru

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...
PROGRAM GERBANG DESA UNTUK MEMPERKECIL KESENJANGAN PEMBANGUNAN

PROGRAM GERBANG DESA UNTUK MEMPERKECIL KESENJANGAN PEMBANGUNAN

SAPA INDONESIA - SEKRETARIS Daerah Provinsi Lampung Sutono...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook