Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KABUPATEN BONE : FOKUS PENGUATAN KEMAMPUAN LOKAL

kemiskinan-sapa-hamimpoubone

SAPA - Tahun 2014 pembangunan di Kabupaten Bone Fokus pada penguatan kemampuan lokal (strengthening local capability) untuk memperkuat konsep desa tumbuh daerah maju.

Hal ini sebagimana terungkap dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2013 Kabupaten Bone Bolango, yang berlangsung di Auditorium BPIJ Provinsi Gorontalo Rabu (27/3).

Dalam forum tersebut, percepatan pembangunan infrastruktur wilayah, perluasan upaya penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masih menjadi perhatian.

Menurut Plt Bupati Hamim Pou, ada tiga agenda prioritas yang menjadi isu strategis Pemkab Bonbol 2014, meliputi percepatan pembangunan infrastruktur wilayah yang merata dan berkualitas dalam rangka memperkuat kapabilitas lokal dan daya saing daerah.

Perluasan upaya penganggulangan kemiskinan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta mendukung pencapaian sasaran milenium development goals (MDGs) 2015, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan daya saing dengan memperkuat keunggulan lokal.

Untuk agenda pembangunan infrastruktur wilayah, akan diarahkan pada peningkatan infrastruktur dasar wilayah pada beberapa kawasan strategis, baik kawasan pusat pemerintahan kabupaten dan beberapa pusat kegiatan lokal kecamatan.

"Termasuk kawasan produksi pertanian, kawasan strategis potensial yang terisolir serta peningkatan sarana dan prasarana perdesaan melalui optimalisasi pemanfaatan ADD dan dana infrastruktur kecamatan, " kata Hamim Pou.

Sementara itu, upaya penanggulangan kemiskinan akan terus diperluas dengan menekan angka kemiskinan di bawah 14 persen dan angka pengangguran di bawah 3.5 persen, sehingga diharapkan pada 2015 nanti target pencapaian MDGs yakni pengurangan setengah penduduk miskin bisa tercapai.

Sementara untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, Pemkab Bonbol 2014 menargetkan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi antara 7.3 - 7.5 persen atau mendekati angka pertumbuhan rata-rata Provinsi Gorontalo.

Ia menambahkan, untuk bisa mencapai target tersebut, ada beberapa instrumen kebijakan yang akan diprioritaskan, di antaranya memperkuat sektor-sektor pertanian, perikanan kelautan, industri, pariwisata dan sektor pertambangan.

Selain tiga agenda strategis ini, kata Hamim, sektor pendidikan dan kesehatan akan tetap menjadi prioritas penting pada 2014 nanti.

Peningkatan indeks pembangunan manusia di atas 73 persen, peningkatan partisipasi pendidikan dan mutu lulusan pada semua jenis dan jenjang pendidikan, peningkatan usia harapan hidup, penurunan angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, perbaikan gizi serta penurunan prevalensi penyakit, juga menjadi target-target penting untuk dilaksanakan pada tahun depan.

 

Sumber : infopublik dot org

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook