Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PNPM DAN BKPG MAMPU MENEKAN KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-pnpmbkpg

SAPA - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dan Program Bantuan Keuangan Pemakmue Gampong (BKPG) dianggap sebagai program yang telah mampu menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh.

Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri, Tarmizi A Karim, mengatakan, PNPM-MP dan BKPG adalah program yang digulirkan pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, serta menekan angka kemiskinan.

"Dari 33 provinsi di Indonesia, hanya Aceh yang memiliki dana alokasi khusus untuk gampong yakni BKPG, sedangkan di provinsi lain dana untuk gampong hanya berasal dari PNPM-MP," kata Tarmizi dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan berbasis gampong yang akan didanai BKPG. Penandatanganan MoU dilakukan Tarmizi bersama Gubernur Aceh, Kamis (28/3).

Dikatakan, Aceh memiliki kedua dana tersebut, baik PNPM-MP maupun BKPG. Menurutnya, dana BKPG bisa membangkitakan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesejateraan keluarga.

Dia berharap dana BKPG yang saat ini sebanyak Rp 70 juta/gampong/tahun bisa meningkat menjadi Rp 100 juta. Karena hanya program tersebut yang dapat menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh."BKPG bagus, ini konsep agar partisipasi masyarakat bisa tumbuh dan mereka bisa berubah hidupnya, dan kami mendukung agar anggaran itu diperbesar lagi," sambung Tarmizi yang mantan Pj Gubernur Aceh.

Diapun memberikan apresiasi atas alokasi dana daerah bagi mendukung program pemberdayaan masyarakat berbasis masyarakat perdesaan. "Apalagi dana Rp 452,4 miliar yang dialokasikan Pemerintah Aceh lebih banyak dibandingkan Provinsi Banten dan provinsi lain yang juga mengalokasikan anggaran daerahnya bagi program pemberdayaan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut Tarmizi mengatakan, program pembangunan berbasis masyarakat desa menjadi salah satu dari tiga aspek penting pengentasan kemiskinan. Pembenahan institusi juga menjadi kunci sukses atau gagalnya program pemberdayaan masyarakat.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, pihaknya telah melaksankan program BKPG sejak tahun 2009 dan berjalan dengan baik hingga sekarang. Pada tahun ini setiap gampong mendapatkan dana BKPG sebanyak Rp 70 juta.

"Oleh karena itu, kami berharap ke depan akan terus ada dukungan dari pemerintah pusat untuk meningkatkan program-program tersebut, guna mendukung penguatan perdamaian di Provinsi Aceh," ujarnya

Dia juga menyebutkan, alokasi dana PNPM-MP tahun ini mencapai Rp 426 miliar, diperuntukkan bagi 255 kecamatan di 18 kabupaten.Manajemen DitingkatkanSementara Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, I Made Suwandi menyampaikan, ke depan pemerintah daerah harus dapat meningkatkan kemampuan manajemen dalam tata pemerintahan.

"Saya melihat tatanan pemerintahan belum berjalan dengan baik, begitu juga dengan anggaran. Misalnya mengenai alokasi bantuan langsung masyarakat, sering terjadi persentase anggaran untuk masyarakat lebih kecil, namun 78% dikelola pemerintah," ujarnya.

Dikatakannya, dengan kondisi seperti ini, anggaran untuk membangun masyarakat menjadi tidak jelas. Selain itu, banyak sekali pemerintah daerah yang tidak menjalankan program tepat sasaran.

"Oleh karena itu diperlukan manajemen yang baik, jangan seperti di Jakarta tidak ada hutan tapi ada Dinas Kehutanan, itu adalah hal yang tidak tepat sasaran dan merugikan anggaran," ucapnya.

 

acehshimbun dot com

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook