Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BOS DIBLOKIR, MADRASAH HUTANG DANA PERSIAPAN UJIAN NASIONAL

kemiskinan-pemiskinan-bos1

SAPA - Pemblokiran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah di jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi telah membuat manajemen sekolah terpaksa ngutang. Uang pinjaman tersebut digunakan untuk membiayai Ujian Akhir Madrasah (UAM) dan persiapan Ujian Nasional (Unas).

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Dra. Hj. Khairiah, M.Pd tidak merinci jumlah utang masing-masing sekolah. Sebab ada 254 madrasah jajaran Kanwil Kemenag Provinsi.

''UAM alhamdulillah tetap lancar. Walau sebenarnya agak mengganggu. Tetapi kami tidak ingin gara-gara dana BOS belum cair, operasional sekolah madrasah jadi pincang. Makanya kami sarankan pakai dulu uang lain yang sumbernya jelas dan tidak boleh dari pungutan ke siswa,'' terang Khairiah.

Informasi yang diperolehnya dari Kemenag RI, paling telat dana BOS madrasah cair akhir April. ''Mudah-mudahan saja tidak meleset. Kalau cair, nanti dana swadaya madrasah yang sudah terpakai akan diganti,'' tandas Khairiah.

Dengan pemblokiran dana BOS Madrasah oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Khairiah optimis pelaksanaan unas di madrasah, baik tingkat MI, MTS maupun MA tetap bisa berjalan sukses. Terlebih pemblokiran itu bukan hanya untuk Kemenag Provinsi Bengkulu saja, melainkan di seluruh provinsi.

''Kalau hanya dana BOS di Kemenag kita saja (Bengkulu, red) yang diblokir mungkin, kita pesimis dananya cair. Kalau ini kan seluruh, jadi tidak mungkin dananya tidak dicairkan. Dana BOS diblokir bukan karena jumlahnya terlalu besar, tetapi ada item kegiatan yang realisasinya masih diragukan oleh DPR RI. Apa saja itu tidak bisa saya sebutkan,'' demikian Khairiah.

Sekadar mengingatkan, dari total BOS yang belum cair itu diantaranya meliputi BOS untuk 126 MIN/MIS senilai Rp 8,7 miliar, 83 MTsN/MTsS senilai Rp 8,6 miliar dan 45 MAN/MAS senilai Rp 3,9 miliar.

 

harianrakyatbengkulu dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

MENDATA PMKS, PERANGKAT DESA DIBAYAR RP400 RIBU

SAPA INDONESIA - TAHUN ini Dinas Sosial (Dinsos) DIY melakukan...
KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

KEMISKINAN NAIK, PENERIMA RASTRA MENURUN

SAPA INDONESIA - KOUTA penerima beras sejahtera (Rastra) di...
KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook