Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKOT BANDUNG BUTUH SUNTIKAN DANA PUSAT BAGI PEMBANGUNAN PUSKESOS

kemiskinan-pemiskinan-menkokesra4

SAPA - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengapresiasi tentang inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung atas pembangungan Puskesos di Rancacili, Derwati, Kecamatan Rancasari, Gedebage Bandung.

Menurutnya, sesuai kebijakan pemerintah, bahwa secara nasional pembangunan perekonomian guna mencapai kesejahteraan.

"Ini mengandung pesan bahwa tidak boleh ada yang termarjinalkan atas uang sama dari pemerintah," kata Agung di Pendopo Bandung, Sabtu (30/3).

Terlebih Bandung sebagai kota yang perkembangannya luar biasa, apalagi perekonomiannya. Bahkan tidak secara langsung, Bandung telah menyumbang pembangunan secara nasional.

Lebih lanjut Agung berharap, poyek Puskesos di Kota Bandung, nantinya bisa menjadi contoh di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia.

"Dengan begitu, masyarakat akan mulai merasakan kehadiran kita. Sebab, bisa jadi selama ini mereka termarjinalkan," terangnya.

Dia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, proyek tersebut bisa dikerjakan, menyusul APBD Pemkot dan Pemprov mulai turun tak lama lagi. Yang paling penting, pembangunan akan sesuai dengan keinginan Kota Bandung dalam pembangunan ke atas.

"Bandung saat ini begitu banyak dikunjungi negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan Brunai. Saya harap ini bisa menurunkan angka pengangguran dan 11,6 persen atau 28 juta angka kemiskinan," harapnya.

Selain itu, sesuai dengan amanat Undang-undang, bahwa pengangguran dan kemiskinan dilindungi negara. Dengan kata lain, dibangunnya proyek yang menguntungkan masyarakat tersebut bisa secepatnya dilaksanakan dan bermanfaat.

"Nah di sini, Pemkot Bandung selaku inisiator ditunggu pembuktiannya. Tinggal nanti kita 'keroyokan' permasalahan dana," tukasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Dada Rosada, menuturkan bahwa proyek tersebut sudah lama dicanangkan dan sudah berbagai kementrian termasuk Menkokesra.

"Dari dulu belum ada realisasinya dari sejumlah kementrian. Mudah-mudahan saat ini bisa," kata Dada di Pendopo.

Dia mengungkapkan bahwa kebutuhan dana untuk pembangunan Puskesus di Gedebage tersebut Rp95 miliyar. Dana tersebut untuk 7,1 hektar tanah dan tanahnya sudah ditangani Pemkot Bandung.

"Pemkot sendiri bisa saja, tapi akan lama selesainya jika hanya mengandalkan APBD Pemkot, apalagi ini untuk kepentingan orang termarjinalkan," jelas Dada.

Dada mengklaim bahwa hingga saat ini sudah 6 hektar lebih dibebaskan dan sisanya akan rampung tahun ini. Kemudian untuk APBD sendiri Pemkot menganggarkan Rp12 miliyar untuk pembangunannya.

"Untuk 1,3 hektar urugan dianggarkan Rp5 miliyar, dan sisanya Rp7 miliyar untuk pembangunan fisiknya. Jadi kalau nggak ada bantuan akan sangat lama selesainya," pungkasnya.

 

fokusjabar dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook