Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB KUTAI TIMUR TERUS DUKUNG PNPM MP

kemiskinan-pemiskinan-kutimSAPA - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) mengundang seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kutai Timur (Kutim) untuk melaksanakan rapat evaluasi kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-PD) tahun 2012 dan pelaksanaan PNPM-MP 2013 di Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Kamis lalu.

Menurut Kepala Bidang Sosial Budaya BPMPD HM Rifai, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kemitraan SKPD dalam penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya memperkuat lintas sektoral dalam pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan serta memperkuat forum SKPD dalam menyusun rencana kerja untuk pembangunan daerah.

"Diharapkan setelah rapat evaluasi ini, kemitraan SKPD dengan masyarakat semakin kuat, dapat meneyepakati strategi sistem kelembagaan dalam pembangunan yang partisipatif dan menguatkan komitmen SKPD dalam pembangunan daerah. Kemudian terintegrasinya program-program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan serta lahirnya rumusan kesepakatan bersama untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat," jelas Rifai di hadapan ratusan peserta rapat.

Ratusan peserta merupakan pelaku PNPM-MP, fasilitator kabupaten, aparat kecamatan, dan aparat pemerintah di kabupaten yang secara langsung melakukan pembinaan PNPM-MP serta masyarakat umum yang peduli dengan program tersebut. Sekretaris Kabupaten Ismunandar sebelum membuka rapat sehari tersebut mengatakan, PNPM-MP yang dilaksanakan sejak 2007 telah memberikan pembelajaran yang baik.

Terutama kepada masyarakat tentang bagaimana melakukan perencanaan program pembangunan, diskusi untuk merumuskan program sesuai kebutuhan yang manajemennya diatur sendiri oleh masyarakat. "Hal tersebut meliputi apa yang akan mereka rencanakan, laksanakan, dan yang ingin dikontrol, sekaligus implementasinya di lapangan," sebutnya.

Dalam program ini, kata Ismunandar, terjadi rasa saling terbuka antar-masyarakat. Dalam perjalanan pelaksanaan program PNPM-MP di Kutim, terlihat banyak yang sudah berhasil melaksanakan. Kendati demikian, diakuinya hingga saat ini memang masih ada satu atau dua program yang belum sepenuhnya berhasil.

Menurutnya hal tersebut disebabkan salah perencanaan atau hal teknis lainnya. Ismu, sapaan akrab Ismunandar mengatakan, secara umum sesuai data dan laporan, program PNPM-MP di Kutim sudah cukup berhasil. Hal ini merupakan prestasi bersama, khususnya masyarakat di perdesaan.

Sehubungan keberhasilan tersebut, Sekkab berharap cara dan pola yang telah dilaksanakan oleh masyarakat dalam penerapan program PNPM MP bisa dijadikan contoh dalam perencanaan dan pelaksanaan ADD (Alokasi Dana Desa) maupun program lainnya. Dengan landasan bahwa program yang dilaksanakan adalah benar-benar program yang memang dibutuhkan oleh masyarakat di perdesaan.

"Program PNPM-MP akan selalu didukung (Pemkab Kutim) sepanjang semuanya berjalan lancar, berhasil, dan bermanfaat bagi masyarakat," tukas Ismu. "Apalagi program yang dilaksanakan menyangkut kebutuhan dasar masyarakat yang belum tersentuh, seperti listrik dan kebutuhan sarana air bersih yang memang akan berdampak baik," tambahnya.

Ismu pada kesempatan itu tak lupa mengingatkan seluruh camat, selalu memerhatikan prosedur. Termasuk memerhatikan koordinasi dan kerja sama dengan mitra kerja, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan maupun instansi terkait lainnya.

 

kaltimpost dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook