Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RPJMD SESUAI DENGAN GERBANG TAMAN MAKMUR

kemiskinan-pemiskinan-kutim

SAPA - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2011-2015 sudah ada dalam visi-misi Gerakan Pembangunan Pemerataan, Kemandirian Masyarakat Kutai Timur (Gerbang Taman Makmur). Karena itu ketika Bupati Kutai Timur (Kutim) tidak ada di Sangatta, bukan berarti roda pemerintahan daerah stagnan. Termasuk untuk berbagai urusan ketika Bupati Isran Noor berada di luar Kutim, roda pemerintahan dilaksanakan Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman, Sekkab Ismunandar, dengan didukung para asisten Sekkab. "Jadi tidak masalah, yang penting sesuai RPJMD Gerbang Taman Makmur," kata Isran Noor. Dia mengatakan, visi pembangunan di Kutim, yaitu pembangunan bertumpu pada agrobisnis menuju Kutim mandiri. Semua gerak pembangunan daerah di berbagai bidang ditujukan untuk mendukung pembangunan agrobisnis.

Pembangunan agrobisnis diharapkan dapat memberikan multiplier effect terhadap perkembangan ekonomi daerah, khususnya ekonomi masyarakat yang berdaya saing, baik di tingkat regional, nasional maupun global dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan ekonomi daerah. Selain itu, kemandirian daerah ditandai oleh kemandirian keuangan dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta adanya kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup menuju sejahtera.

Untuk itu, misi Gerbang Taman Makmur adalah meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan seni budaya daerah, memantapkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten yang serasi dan berwawasan lingkungan, memantapkan kemandirian pangan dan pengembangan komoditi unggulan daerah, meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan energi, pemberdayaan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan. Kemudian, penegakan hukum dan mengoptimalkan peran aparatur pemerintahan daerah yang dinamis dan efisien, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan secara berjenjang, dan mendorong peran lembaga keuangan dan perbankan untuk menjamin kemudahan berusaha dan berinvestasi.

Maka Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam kurun 5 tahun (2011-2015) telah menetapkan skala prioritas pembangunan: yaitu, peningkatan kapasitas pemerintahan (capacity building), peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, peningkatan aksesibilitas dan kualitas kesehatan. Penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan investasi dan ekonomi masyarakat, peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan, peningkatan sarana dan prasarana perhubungan, pemantapan pemanfaatan dan pengelolaan lahan dan lingkungan hidup, peningkatan infrastruktur dasar kawasan permukiman, peningkatan pembangunan perdesaan, pengelolaan kawasan perbatasan, serta peningkatan dan pengembangan teknologi informasi.

 

kaltimpost dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi...
CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN wilayah pedesaan dalam program...
RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

SAPA INDONESIA - RATUSAN desa di Pamekasan belum memiliki badan...
DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook