Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA OTSUS MIGAS DI ACEH HARUS SEJAHTERAKAN RAKYAT

kemiskinan-pemiskinan-wargaaceh

SAPA - Dana bagi hasil Migas dan Otonomi Khusus (Otsus) Aceh harus mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya kesejahteraan masyarakat dalam arti sesungguhnya serta tercapainya keseimbangan pembangunan antara kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Aceh.Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Keistimewaan Aceh dan SDM, pada acara pembukaan Musrenbang kabupaten/kota 2013, di aula Bappeda Aceh Utara, baru-baru ini, mewakili Kepala Bappeda Aceh, Prof. Dr.Ir. Abubakar Karim, MS.

Kata dia, pengalokasian sumber dana tersebut, dituangkan dalam program pembangunan Aceh dan kabupaten/kota yang terlebih dahulu disepakati bersama antara Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota di Aceh.Meskipun, saat ini qanun Aceh nomor 2 tahun 2008 tentang tatacara pengalokasian tambahan dana bagi hasil migas dan penggunaan dana Otsus masih dalam proses revisi di DPRA (proses paripurna).

Namun, kriteria penggunaan dana tersebut tetap dipertahankan untuk membiayai program dan kegiatan pembangunan, terutama pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan serta pendanaan pendidikan, sosial dan kesehatan.Sebutnya, disamping itu mengingat kekhususan Aceh, maka dapat juga dialokasikan untuk membiayai program pembangunan dalam rangka pelaksanaan keistimewaan Aceh.

Sedangkan kerangka dasar dalam menyusun berbagai program pembangunan, perlu disampaikan prioritas pembangunan Aceh sebagaimana tertuang dalam Pergub Nomor 70 Tahun 2012 tentang rencana jangka menengah Aceh 2012-2017.Masing-masing, tentang reformasi birokrasi dan tata kelola, keberlanjutan perdamaian, dinul islam, adat dan budaya, ketahanan pangan dan nilai tambak produk, penanggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur yang terintegrasi, sumber daya alam berkelanjutan serta kualitas lingkungan dan kebencanaan.

Selain itu, lanjut dia, pendapatan daerah bersumber dari tambahan dana bagi hasil minyak dan gas bumi, yaitu sebesar 55 persen dari minyak dan 40 persen dari pertambangan gas bumi. Disamping itu, Pemerintah Aceh juga mendapat dana otonomi khusus setara 2 persen plafon Dana Alokasi Umum (DAU) nasional selama lima belas tahun, terhitung mulai 2008 sampai dengan 2022 dan setara 1 persen pfalon DAU nasional untuk lima tahun mulai tahun 2023 sampai dengan tahun 2027.

 

rakyataceh dot com

Terpopuler

Terbaru

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

SAPA INDONESIA - KONSULTAN Nasional P3MD Kementerian Desa (Kemendes)...
PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - CALON gubernur Ganjar Pranowo mengemukakan...
PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal...
BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Bandung, Dadang M Naser mengungkapkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook