Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENTERI SOSIAL BEDAH 250 RUTILAHU

kemiskinan-sapa-mensos250rutilahu

SAPA - Awal April ini Kementerian Sosial akan melakukan bedah kampung di Dusun Ciangkrek, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

"Insya Allah saya akan menginap di rumah keluarga Idrus yang akan dibedah, " kata Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri di Jakarta.

Dalam rilis tersebut disebutkan, sebanyak 250 rumah akan dibedah di Sukabumi mulai awal April, dan setiap rumah dibantu sebesar Rp 10 juta untuk pembelian material.
Kementerian sosial akan membantu 200 rumah dan sisanya 50 rumah dibantu oleh perusahaan sekitar dari dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Bantuan dari Kemensos sebesar Rp 2,9 miliar, Rp 2 miliar untuk membedah sebanyak 200 rumah, 800 juta untuk 40 kelompok usaha bersama dengan masing - masing kelompok mendapat Rp 20 juta, Rp 100 juta bantuan untuk dua sarana lingkungan. Sedangkan sisanya berasal dari potensi sumber kesejahteraan sosial," terang Mensos.

Untuk diketahui, selama tahun 2013, Kemensos telah membedah kampung di 24 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sebagian rumah warga sudah dibedah di Provinsi Jawa Barat (Lembang, Bekasi, Serang, Bogor, Pandeglang, Sukabumi), Jawa Tengah (Semarang, Wonosobo, Purworejo, Sukoharjo, Banyumas), Jawa Timur (Pacitan, Tulung Agung), Sumatera Barat (Payakumbuh dan Padang), Maluku (Tulehu- Ambon), Maluku Utara (Pulau Morotai), Gorontalo (Bone Bolango), Sulawesi Utara (Sangihe, Tomohon, Marampit), Sulawesi Tenggara (Kendari), Sulawesi Tengah (Palu).

"Program bedah kampung ini diharapkan bisa menjadi perekat bangsa karena semua bersaudara, dan anak-anak yang sedang menempuh pendidikan di berbagai sekolah kejuruan diharapkan segera mempraktikkan ilmu mereka," imbuh Mensos yang juga politisi PKS ini.
Lebih lanjut Mensos menegaskan, pada 2015, MDGs ditargetkan bisa mempercepat pengetasan kemiskinan di seluruh Indonesia.

Menurutnya, bedah rumah bisa memperpendek penyelesaian sebagian dari parameter kemiskinan, sekaligus memotong mata rantai kemiskinan. Dengan memiliki rumah layak huni, keluarga pemilik rumah bisa berkonsentrasi pada pekerjaannya dan pemenuhan ekonomi keluarganya.

"Rumah merupakan dasar bagi terpenuhinya rasa nyaman, aman dan sehat sebuah keluarga dan anak-anak memiliki tempat belajar yang baik serta ibu dapat mengawasi anak-anaknya dengan tenang," demikian Mensos.

 

Sumber : Suara Indonesia dot co

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook