Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA VALIDASI WARGA MISKIN

kemiskinan-sapa-jogjamiskin

SAPA - Masing-masing wilayah di DIY untuk tahun 2013 ini mendapat kucuran dana dari Pemda DIY untuk program penanggulangan kemiskinan. Dari total anggaran Rp 46 miliar dari APBD DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendapat jatah Rp 1,9 miliar.

Koordinator Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta, Edy Muhammad menuturkan, jika dibanding dengan wilayah lain, maka kucuran dana untuk Kota Yogyakarta memang paling rendah. Hal ini karena disesuaikan dengan data kemiskinan dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011. "Dana itu diberikan sesuai alokasi warga miskin. Sesuai data BPS itu, warga miskin yang mendapat jangkauan sebanyak 1.941 rumah tangga sasaran. Sehingga, kami dapat Rp 1,9 miliar," paparnya, Senin (01/04/2013).

Penggunaan dana tersebut, imbuh Edy, sepenuhnya akan diberikan kepada rumah tangga sasaran dalam bentuk uang tunai. Tiap rumah tangga, akan mendapatkan Rp 1 juta. Hanya saja, penggunaan uang tersebut mendapat pengawasan ketat dari pemkot. Terutama fungsinya untuk pengembangan atau pemberdayaan ekonomi.

Sebanyak 1.941 rumah tangga sasaran itu, tersebar dalam 5 kecamatan. Masing-masing Umbulharjo, Tegalrejo, Mergangsan, Gondokusuman dan Mantrijeron. Saat ini, tiap camat dan lurah di wilayah setempat tengah melakukan proses validasi.

Dikhawatirkan, tanpa proses validasi maka data dari BPS tahun 2011 itu masih banyak yang berubah. Khususnya jika ada warga miskin penerima sasaran yang ternyata sudah pindah domisili atau bahkan telah meninggal dunia. "Hasil validasi sementara memang ada sebagian yang pindah dan meninggal dunia. Kalau yang meninggal, maka akan dialihkan ke ahli waris. Sedang yang pindah, kami konsultasikan lagi ke Pemda DIY," paparnya.

Ditargetkan pada Juni 2013 mendatang, program penanggulangan kemiskinan dari Pemda DIY tersebut sudah bisa diterima keluarga miskin. Dari program tersebut, penurunan kemiskinan diharapkan bisa mencapai 2 persen.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Rifky Listianto mengungkapkan, program tersebut cukup signifikan dalam mengentaskan kemiskinan. Akan tetapi, tanpa diikuti program serupa yang berkesinambungan, maka hasilnya bisa kurang optimal.

Oleh karena itu, masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Yogyakarta juga perlu bersinergi tidak tidak bergantung pada bantuan dana dari Pemda DIY maupun pemerintah pusat.

 

Sumber : krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook