Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BRI KUCURKAN KREDIT TANPA AGUNAN UNTUK DUKUNG PNPM PERDESAAN

kemiskinan-pemiskinan-bri-pnpm1

SAPA - Bank Rakyat Indonesia (BRI) berencana akan memberikan kucuran kredit untuk usaha yang dikembangkan oleh Unit Pelaksana Kelompok (UPK) PNPM Mandiri di Karanganyar. Kredit tersebut akan diberikan tanpa agunan, tapi syaratnya usahanya sudah mendapat rekomendasi dari setiap UPK PNPM yang ada.

"Berapa pun, asal usaha itu sudah berjalan baik dan benar-benar dibutuhkan untuk unit pengembangan usaha pedesaan, kami siap. Kami ingin membantu program PNPM dalam upaya mengurangi angka kemiskinan,'' kata Mawardi, Pemimpin Wilayah BRI Yogyakarta yang juga membawahi BRI Solo Raya.

Sebagai bentuk kesepakatan kerja sama itu, Mawardi bersama Bupati Karanganyar Rina Iriani, Pemimpin Cabang BRI Karanganyar Sparta Sianturi, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Karanganyar, Sri Desto Untung Rahardjo membubuhkan tanda tangan untuk penyaluran kredit maupun penyaluran dana PNPM lewat BRI.

Di Karanganyar, saat ini ada dana masyarakat sebesar Rp 521 miliar dan penyaluran kredit lewat BRI sebesar Rp 543 miliar sampai Februari kemarin. Dana PNPM juga akan disalurkan lewat BRI sehingga diharapkan akan menjadi tambahan dana. Sebab dana PNPM Karanganyar mencapai Rp 46 miliar pada tahun 2013 ini.

Sementara itu, Kepala Bapermasdes, Sri Desto Untung Rahardjo menambahkan, PNPM Mandiri Perdesaan di Karanganyar ada di 123 desa di 12 kecamatan. Setiap desa sudah memiliki UPK yang membina usaha serta menyalurkan bantuan. "Kalau lima kecamatan yakni Jaten, Colomadu, Kebakkramat, Karanganyar Kota, Gondangrejo masuk ke PNPM Mandiri Perkotaan," katanya.

Aset total dana bergulir yang disalurkan PNPM Pedesaan tahun 2011 sudah mencapai Rp 36,821 miliar dan tahun 2012 meningkat 17 persen menjadi Rp 43,268 miliar. Itu belum termasuk dana pendamping dari APBD sebesar 5 persen dari total dana APBN.

 

joglosemar dot co

Terpopuler

Terbaru

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

SAPA INDONESIA - KABUPATEN Purworejo yang terdiri dari 16 Kecamatan...
NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - KETUA Fraksi Partai Demokrat DPRD Nusa Tenggara...
MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut...
AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - SEBESAR 15 sampai 20 persen dari jumlah keseluruhan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook