Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN DENGAN RIS-PNPM DAN PPID

kemiskinan-sapa-FachroriUmarMHum

SAPA - Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dapat mempercepat pengentasan dan mengurangi kemiskinan di Provinsi Jambi, ungkap Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.

Disampaikan, Wagub pada Pembukaan Sosialisasi Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM) dan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Tahun 2013, bertempat di Shanghai Room Hotel Abadi Grand, Kota Jambi, Selasa (2/4) dua hari lalu.

Penanggulangan kemiskinan, Program Prioritas Pembangunan Nasional, khususnya di Provinsi Jambi. Diketahui, Pemerintah Pusat telah menargetkan penurunan angka kemiskinan dari 13% pada tahun 2011 menjadi 6 sampai 8% pada tahun 2015.

Provinsi Jambi, target Pemerintah Pusat dapat menekan angka kemiskinan dari 7,9% pada tahun 2011, 5% pada tahun 2015.

Tapi, "bukan pekerjaan mudah, tanpa dukungan dan bantuan dari Pemerintah Pusat," sebutnya.

Program dan upaya yang dilaksanakan, "RIS-PNPM dan PPIP yang dibuat Pemerintah Pusat". Tujuannya, jelas. "Meningkatkan, akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar wilayah pedesaan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyediaan infrastruktur perdesaan".

Pelaksanaan RIS PNPM dan PPIP, penting dan strategis dalam mendukung upaya pencapaian tujuan Millennium Development Goals (MDG), yang mana pembangunan berbagai infrastruktur.

RIS PNPM dan PPIP, menunjang pembangunan transportasi, Jalan Usaha Tani (JUT), Irigasi, Perpipaan, Air Bersih dan Sanitasi, disamping membantu pencapaian MDGs pengurangan penduduk miskin, kesetaraan gender, akses rumah tangga terhadap air bersih, sanitasi, dan menekan angka kematian ibu dan bayi.

Di Provinsi Jambi, RIS PNPM dan PPIP sudah berjalan sejak tahun 2009, hingga sekarang. Kami berharap, kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi yang telah menyelenggarakan program RIS-PNPM dan PPIP, sebaik mungkin.

Kedepan, partisipasi seluruh pihak, ikut meningkat dapat pula meningkatkan peran perempuan sesuai dengan target sebesar 40%, sinergi dan integrasi RIS PNPM dan PPIP melalui program pengurangan kemiskinan, serta tetap menjalin koordinasi antar instansi, pusat dan daerah, makin terus ditingkatkan, sehingga RIS- PNPM dan PPIP bermanfaat optimal sebagaimana yang diharapkan.

Iwan Syafwadi, ST, Ketua Panitia mengatakan, tahun 2013, RIS-PNPM dilaksanakan di empat Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Kab Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kab Sarolangun, dan Kab Tanjung Jabung Timur.

Sementara program PPID dilaksanakan, di empat kabupaten lainyan. Kab Tanjung Jabung Barat, Kab Muaro Jambi, Kab Batanghari, dan Kabn Merangin. Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum se Provinsi Jambi, perwakilan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan se Provinsi Jambi, Kejati, perwakilan Kejari Kab/Kota dan para undangan lainnya.

 

Sumber : cahayareformasi dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook