Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEMINAR GERDU KEMPLING SINERGIKAN EMPAT PILAR PEMBANGUNAN

kemiskinan-sapa-gerdukempling

SAPA - Seminar peringatan dua tahun Gerdu Kempling di ruang Lokakrida lantai 8, Gedung Much Ihsan dibuka secara resmi oleh Sekda Kota Semarang Adi Trihananto. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh SKPD Kota Semarang, Lurah Camat se-Kota Semarang, PTN dan PTS, serta CSR-CSR dari perbankan, perusahaan, BUMN dan BUMD.

Program Pemerintah Kota Semarang "Gerdu Kempling" yang mensinergikan empat pilar pembangunan Kota Semarang telah berjalan 2 tahun ini, dapat menurunkan angka kemiskinan minimal 2% per tahun atau 10% dalam 5 tahun.

Sekda Kota Semarang, Adi Trihananto yang membacakan sambutan Plt. Walikota mengungkap bahwa program ini berjalan atas kerjasama dan dukungan seluruh stakeholder.

"Program ini tidak mudah dan tidak mungkin dilaksanakan oleh Pemerintah Kota sendiri. Dibutuhkan sinergitas, kebersamaan, dan kerjasama PTN, PTS dan CSR baik dari perbankan, perusahaan, BUMN dan BUMD dalam mengawal jalannya program "Gerdu Kempling", ungkap Adi Tri Hananto. Dengan demikian, program ini dapat terlaksana dengan baik dan sesuai harapan. Selain itu, kemauan dari warga penerima bantuan untuk semangat dalam mengentaskan diri sendiri dari kemiskinan juga diperlukan.

Untuk tahun 2013 ini, Pemerintah Kota Semarang telah menetapkan 48 kelurahan yang menjadi sasaran Program Gerdu Kempling dengan total alokasi anggaran dari APBD tahun 2013 sebesar Rp 92.563.514.100,-.

"Anggaran tersebut diperuntukkan bagi pelayanan Jamkesmas, pendampingan BOS, bantuan fasilitasi dan lingkungan, perbaikan perumahan masyarakat kurang mampu, pembangunan dan perbaikan MCK, pelatihan kewirausahaan, dan pelatihan ketrampilan tenaga kerja" lanjutnya.

Selain itu, juga dilakukan pelatihan ketrampilan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), pemberian asuransi kematian bagi 500 warga miskin, dan pendampingan distribusi Raskin untuk 42.477 RTS, beber Adi Tri.

Narasumber seminar, Ir. Nana Kariada (LPMM Unnes), Tri Mastuti, M.Si, dan Florentius Aris Budiyanto (Bisnis Development Manager, Kanwil 7 Bank Mandiri Semarang). Nana dalam paparannya mengungkapkan tentang pendampingan Perguran Tinggi dalam program kegiatan penanggulangan kemiskinan yang disinergikan melalui gerdu kempling berbasis pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan potensi-potensi SDA, SDM, dan sosial ekonomi masyarakat untuk diberdayakan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

Sementara Florentius, memaparkan tentang pihak perbankan mempunyai komitmen untuk mendukung program pengentasan kemiskinan melalui program kemitraan dan program bina lingkungan. Lanjut Florentius, program kemitraan dengan pinjaman lunak tanpa jaminan dan bunga rendah 6% per tahun. Program bina lingkungan diwujudkan dengan membantu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan potensi lingkungan yang dapat berupa potensi budaya, potensi usaha dan potensi alam/ wisata, lanjutnya.

 

Sumber : jatengprov dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN DAN INVESTASI JADI PR BANJARNEGARA

KEMISKINAN DAN INVESTASI JADI PR BANJARNEGARA

SAPA INDONESIA - KABUPATEN Banjarnegara akan memasuki era baru...
EKONOMI RI TUMBUH, TAPI TANTANGANNYA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN

EKONOMI RI TUMBUH, TAPI TANTANGANNYA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEREKONOMIAN Indonesia relatif stabil di tengah...
PENGENTASAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS RPJMD SOPPENG

PENGENTASAN KEMISKINAN JADI PRIORITAS RPJMD SOPPENG

SAPA INDONESIA - BUPATI Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengimbau...
PAKAI DANA DESA UNTUK PRIBADI, KADES DI SUKABUMI INI DITAHAN

PAKAI DANA DESA UNTUK PRIBADI, KADES DI SUKABUMI INI DITAHAN

SAPA INDONESIA - POLISI mengamankan AS, Kepala Desa Sukaresmi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook