Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PESISIR SELATAN : MUSRENBANG DAN 76 DESA TERTINGGAL

kemiskinan-sapa-buppessel

SAPA - Di Pesisir Selatan masih ada desa tertinggal sebanyak 76 desa. Kampung tertinggal itu menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk dipacu pemban-gunannya. Ini tentunya harus didukung semua pihak termasuk pemerintah provinsi.

Demikian dikatakan Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemkab Pessel yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Dikatakan Nasrul Abit disampaikannya juga bahwa berbagai sektor yang menjadi prioritas pembangunan di daerahnya juga mendapatkan dukungan dari pihak provinsi. Baik kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum dan bidang lainya.

"Beberapa bentuk pembangunan yang membutuhkan biaya yang besar sangat diharapkan mendapatkan dukungan dari pihak provinsi. Terutama dalam membuka keterisolasian di beberapa kampung yang masih ada saat ini. Salah satunya pembangunan jalan Sungai Pisang-Simpang Carocok Tarusan.

Diharapkan pembangunan ruas jalan itu kembali mendapat prioritas padat haun 2014. Selain itu jalan strategi yang ada di kabupaten juga bisa dibantu pembangunanya, seperti ruas jalan pasar Surantiah-Langkai di Kecamatan Sutera," harapnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pem-bangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun 2013 yang digelar di gedung Pertemuan Pemda di Painan, Selasa (2/4).

Dikatakanya bahwa Musrenbang merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan secara Nasional. Karena melalui forum Musrenbang itu, pemerintah daerah berkesempatan untuk menyusun rencana pembangunan tahunan dalam bentuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Karena proses penyusunan RKPD didasarkan pada penjaringan aspirasi yang secara formal diformulasikan melalui Musrenbang, sehingga kebijakan prioritas pembangunan provinsi dan nasional serta nagari dan kecamatan merujuk kepada usulan program kegiatan Musrenbang," katanya.

Dijelaskanya bahwa berdasarkan evaluasi kinerja perekonomian, di Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2011 terjadi peningkatan yang menggembirakan dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan itu dapat dilihat berdasarkan PDRB atas harga berlaku dari Rp.87,22 Triliun tahun 2010 menjadi Rp.98,92 Triliun pada tahun 2011. Peningkatan ini kembali terjadi pada tahun 2012, sebab naik menjadi Rp.110,10 Triliun.

"Peningkatan yang juga cukup signipikan juga terjadi pada pertumbuhan ekonomi. Sebab peningkatanya menjadi 6,22 persen tahun 2011, dari 5,92 persen tahun 2010. Pada tahun 2012 kembali naik menjadi 6,35 persen," katanya.

Ditambahkanya bahwa pendapatan perkapita masyarakat Sumbar tahun 2012 juga sudah mencapai Rp21,93 juta. Angka ini terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun 2010 pendapatan Perkapita masyarakat masih Rp17,96 juta dan pada tahun 2011 Rp20,17 juta per tahun.

"Kondisi yang juga cukup menggembirakan juga terlihat dari upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah. Sebab tahun 2012 ini angka kemis-kinan Sumbar tinggal lagi 8,00 persen. Penurunan ini dapat dilihat berdasarkan data, dimana pada tahun 2010 angka kemiskinan Sumbar 10,50 persen dan tahun 2011 menjadi 8,99 persen. Selama satu tahun berjalan, penurunanya mencapai 0,99 persen," terangnya.

Musrenbangda ini, juga dihadiri ketua Komite I DPD RI, Alirman Sori, Bupati Pessel, Nasrul Abit, anggota DPRD Provinsi Sumbar asal Pessel, beberapa orang Kepala Dinas Provinsi Sumbar, Kepala SKPD se Pessel, Camat dan lainnya.

 

Sumber : tentanggubernursumbarnews dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook