Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENGURUSAN JAMKESDA SUDAH DIBERI TOLERANSI

kemiskinan-pemiskinan-jamkesda

SAPA - Pengurusan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin akhirnya berakhir tanggal 5 April, dan pihak puskesmas tidak menerima lagi peserta yang sudah terlambat mengurus.

Hal tersebut diungkapkan oleh bagian kepengurusan Jamkesda sekaligus administrasi puskesmas Baru Ulu Balikpapan Barat Yuni Dwi Astuti. Dirinya mengatakan untuk pemasukan berkas kepengurusan telah ditutup.

"Hari ini sudah berakhir untuk pengurusan jamkesda, kita sudah memberikan waktu selama 6 bulan kepada warga untuk mengurus, namun hingga saat ini masih banyak yang belum terdaftar," katanya di sela kesibukannya membuat laporan.

Yuni mengakui kebijakan yang telah diberikan oleh DKK kepada masyarakat selama 6 bulan waktu pengurusan terbilang lama, hanya saja banyak warga yang tidak menanggapi hal tersebut sehingga pada saat waktu telah habis baru mereka minta perpanjangan.

Pernyataan yang dilontarkan Ketua RT 07 Baru Ulu Edi tentang kepengurusan mengatakan, yang terdaftar dalam KK dan tidak memiliki pekerjaan tidak dapat, Yuni menanggapinya dengan mengatakan pernyataan salah.

Ditambahkan Yuni apabila dalam daftar KK tidak memiliki pekerjaan justru itu yang diutamakan, dan pengurusannya tidak memakai prosedur. Dan kartu Jamkesda mencakup kepada semua orang yang tidak mempunyai jaminan kesehatan lain.

"Kita mengutamakan orang yang tidak memiliki pekerjaan dan pengurusannya tidak pakai prosedur, terkecuali karyawan, pengusaha, pelaut harus buat pernyataan dan tidak memiliki asuransi," imbuh Yuni saat ditemui di ruang kerjanya.

Yuni menuturkan toleransi yang diberikan oleh pihak DKK untuk mengurus kartu Jamkesda sudah cukup dan pihak Puskesmas hanya menjalankan tugas dari DKK sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan.

Puskesmas tidak memiliki wewenang untuk memberikan perpanjangan waktu bagi warga yang belum mengurusnya karena semua itu ada ditangan DKK sehingga kalau ada RT yang meminta perpanjangan waktu harus melalui DKK bukan Puskesmas.

Dalam hal kepengurusan kartu Jamkesda tidak persyaratan yang diminta tidaklah sulit hanya membutuhkan foto copy KTP, KK, dan Formulir, pas foto ukuran 2x3 bagi pengurus baru. Sedangkan perpanjangan foto copy kartu lama, KTP, KK dan formulir baru.

Akan tetapi walaupun mudah masih saja banyak warga yang tidak mempedulikannya sehingga pada saat waktunya sudah habis baru mereka terburu-buru untukm mengurus semuanya. Ini membuktikan warga tidak peduli dengan semuanya dan kalau ada apa-apa Puskesmas yang disalahkan.

"Sebenarnya dari tanggal 2 kemarin selesai, akan tetapi kepedulian kita terhadap warga kurang mampu sangat tinggi sehingga diperpanjang sampai tanggal 5. Dan pihak Puskesmas menutup hingga jam 11 tadi namun kasihan mereka yang baru datang," imbuh Yuni.

Kepada media ini Yuni menerangkan, semua warga RT 07 yang pelaut belum mengurus kartu Jamkesda silakan

ke DKK untuk mengurusnya, karena puskesmas telah resmi menutup kepengurusan tersebut dan tidak menerima berkas lagi.

 

balikpapanpos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

APBN BELUM EFEKTIF MENEKAN KETIMPANGAN

APBN BELUM EFEKTIF MENEKAN KETIMPANGAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai meskipun anggaran...
ALASAN KADES DI ENDE DILARANG PEGANG UANG

ALASAN KADES DI ENDE DILARANG PEGANG UANG

SAPA INDONESIA - PARA kepala desa dari 255 desa di Kabupaten...
ICW MINTA PEMERINTAH BATALKAN KENAIKAN DANA DESA

ICW MINTA PEMERINTAH BATALKAN KENAIKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - INDONESIA Corruption Watch (ICW) merekomendasikan...
SKB EMPAT MENTERI SOAL DANA DESA SEGERA DITERBITKAN

SKB EMPAT MENTERI SOAL DANA DESA SEGERA DITERBITKAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH segera menerbitkan surat keputusan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook