Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PRESIDEN : KENAIKAN BBM HARUS DIIKUTI PEMBERIAN BLT

kemiskinan-pemiskinan-sby1

SAPA - Pemerintah merasa perlu untuk mengkaji langkah kebijakan terkait beban subsidi bahan bakar minyak (BBM). Bila pemerintah memilih opsi menaikkan harga, maka langkah itu perlu diikuti dengan bantuan langsung tunai (BLT) kepada kelompok masyarakat tak mampu.

Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan informal dengan para pimpinan redaksi di kediaman Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Sabtu (6/4) malam.

Presiden mengatakan pemerintah tak menutup mata terhadap beban subsidi BBM yang kian meningkat seiring dengan pertambahan permintaan dan kenaikan harga minyak dunia. Namun saat mengambil keputusan, pemerintah harus adil. Terlebih lagi, masyarakat kelas ekonomi bawah akan terkena dampak kenaikan harga BBM.

Presiden mengambil contoh seorang guru SMP yang menabung bertahun-tahun untuk membeli mobil bekas. Ketika mobil sudah bisa dibeli, ternyata kini ia harus membeli BBM dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Hal kedua yang harus menjadi pertimbangan adalah dampaknya terhadap inflasi. Seringkali kenaikan harga BBM diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok yang jauh di atas kenaikan harga BBM yang seharusnya. Sebab, beberapa pengusaha ingin mengambil untung besar. Lantaran itu, Presiden meminta kenaikan harga BBM dibarengi dengan kompensasi untuk masyarakat tak mampu.

Kepala Negara mengaku tak takut menaikkan harga BBM. Sepanjang menjadi Presiden, SBY telah tiga kali melakukan kebijakan itu. Namun, kebijakan itu diikuti dengan pemberian kompensasi untuk mengurangi beban masyarakat kelas menengah ke bawah.

 

metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook