Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH BAGI-BAGI RP. 3 MILIAR PER KECAMATAN MISKIN DI INDONESIA

kemiskinan-sapa-bagibagiuangrakyat

SAPA - Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 816 miliar untuk 273 kecamatan termiskin di Indonesia pada tahun 2014. Anggaran yang masuk dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, setiap kecamatan termiskin akan mendapatkan jumlah yang sama Rp 3 miliar.

Menteri PPN/Bappenas Armida Alisjahbana menyatakan pada tahun lalu dan 2013, skema anggaran disalurkan berbeda. Artinya tidak semua kecamatan mendapatkan sama sebesar Rp 3 miliar.

"Kalau tahun lalu itu per kecamatan ada yang Rp 3 miliar, Rp 2 miliar dan ada Rp 1 miliar, nah sekarang kita sama ratakan jadi Rp 3 miliar," ungkapnya di Gedung Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2013)

Sebanyak 273 kecamatan itu terdiri dari 153 kecamatan (Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Indonesia/MP3KI), 70 kecamatan dan 50 kecamatan nasional.

Ia menyebutkan, langkah tersebut diupayakan dapat mengurangi masyarakat miskin pada setiap kecamatan. Targetnya, lanjut Armida pada tahun 2014 secara keseluruhan kemiskinan hanya menjadi 10%.

"Kita tetap pegang target kemiskinan 10%," cetusnya.

Selain PNPM, pemerintah juga menganggarkan Rp 23,1 triliun untuk alokasi beras miskin (raskin). Angka tersebut meningkat 5 kg menjadi 20 kg per rumah tangga dari 15 Kg per bulan, namun masyarakat yang berhak tetap membayar beras seharga Rp 1.600 per Kg.

Kemudian ada juga program Beasiswa Siswa Miskin (BSM) dianggarkan Rp 9,2 triliun untuk cakupan 15,4 juta siswa (29% dari jumlah siswa) mendekati angka 25% rumah tangga miskin TNP2K sebanyak 15,5 juta siswa (29,1% dari jumlah siswa).

"Program pengentasan kemiskinan konsekusensinya harus diperkuat, raskin, beasiswa siswa miskin, PKK, PNPM. Ini diperkuat," pungkasnya.


Sumber : finance dot detik dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook