Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA BOS DIDUGA DISELEWENGKAN

kemiskinan-sapa-selewengBOS

SAPA - Penemuan oleh DPRD Medan tentang adanya dugaan penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dikelola pihak sekolah di Kota Medan. Sebagian dana itu digunakan tidak berkaitan langsung dengan siswa.

Ketua Tim Pembahasan LKPj Walikota Medan 2012, Ilhamsyah mengungkapkan, dana tersebut digunakan untuk pengadaan spanduk, pot bunga, dan lainnya. Hal ini sangat rancu dengan tujuan digulirkannya dana tersebut.

"Pihak dinas mengajukan kwintasi pembayaran kepada pihak sekolah begitu dana BOS itu cair. Apa manfaatnya spanduk, pot bunga bagi siswa," tegas Ilhamsyah saat rapat pembahasan dengan Inspektorat Kota Medan di ruang banggar DPRD Medan, Senin (8/4).

Ilham mengungkapkan, salah satu tujuannya dana ini digulirkan untuk membantu meringankan beban orang tua siswa dalam biaya pendidikan. Selain itu, meningkatkan kecerdasan siswa. "Kalau siswa mau pintar, jangan dibodoh-bodohin. BOS ini untuk orang miskin biar dia tidak mengalami ketertinggalan dari segi pendidikan. Bukan untuk dinas. Dinas sudah ada anggarannya,"ungkap politisi Golkar ini.

Untuk itu dia meminta, Inspektorat Kota Medan benar-benar mengawasi penggunaan dana tersebut. Bila tidak benar-benar, maka penyalagunaan dana ini terus terjadi. "Pengawasannya harus diperketat", ucapnya.

Sementara itu, Inspektorat Kota Medan Farid Wajedi mengatakan, pengawasan dana tersebut langsung dilakukan Dirjen Kemendiknas. Mengingat bantuan tersebut merupakan bersumber dari APBN. Untuk itu mereka tidak bisa terlalu maju dalam hal pengawasannya.

"Ke depannya, kami minta akan dilibatkan untuk penggunaanya di daerah. Namun, berdasarkan petunjuk tekhnis penggunaanya, apabila masih berkaitan dengan sekolah atau pendidikan, hal itu tidak masalah. Namun, begitupun akan kami cek ke lapangan," ungkapnya.

 

Sumber : medanbisnisdaily dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook