Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WAMENDIKBUD MEMBANDINGKAN PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN PER KAPITA RI DENGAN NORWEGIA

kemiskinan-pemiskinan-pendidikan

SAPA - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengakui bahwa lamanya proses belajar yang diwajibkan di Indonesia rata-rata hanya 7,5 tahun dari 12 tahun. Hal ini menurutnya berpengaruh terhadap jumlah pendapatan yang diterima oleh negara. Kok bisa?

"Pendidikan erat dengan pendapatan dan perekonomian suatu negara. Pendidikan masyarakat Indonesia hanya per kapita 7,5 tahun dari yang pendidikan rendah hingga menengah. Sehingga pendapatan per kapita setahunnya hanya US$ 3.000-4.000," ungkap Musliar dalam sebuah dialog di Hotel Luwansa Jakarta, Rabu (10/04/2013).

Berbeda dengan Indonesia, Norwegia malah sebaliknya. Negara ini mampu menghasilkan pendapatan per kapita/tahunnya sebesar US$ 30 ribu karena lama pendidikan rata-rata per kapita yang mencapai 12 tahun. "Norwegia US$ 30 ribu karena rata-rata masyarakat di sana mengenyam pendidikan hingga 12 tahun," imbuhnya.

Oleh karena itu, pemerintah berencana menurunkan jumlah pekerja tamatan SD pada tahun 2015 hingga 40% saja. Kemudian pemerintah juga akan memperbanyak jumlah keikutseertaan siswa untuk mengikuti program beasiswa.

"Agar orang miskin melanjutkan pendidikan dari jenjang SD karena cara ini akan menentukan skill. Program untuk anak-anak miskin agar dia bisa melanjutkan hingga SMP dan memberikan bos (bantuan operasional sekolah) hingga 12 tahun. Mestinya tidak ada anak Indonesia yang hanya lulus SMA jadi infrasturktur harus ada," cetusnya.

 

tambangnews dot com

Terpopuler

Terbaru

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI SULSEL AKAN JADI CONTOH NASIONAL

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI SULSEL AKAN JADI CONTOH NASIONAL

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mangmenerima...
BUMDES HARUS MAMPU TINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA

BUMDES HARUS MAMPU TINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA

SAPA INDONESIA - SETIAP desa di Kabupaten Tanjabtim, dituntut...
CAMAT DILIBATKAN DAMPINGI PEMANFAATAN DANA DESA

CAMAT DILIBATKAN DAMPINGI PEMANFAATAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten...
PENGELOLAAN DANA DESA, DESA DIMINTA SIAPKAN SDM

PENGELOLAAN DANA DESA, DESA DIMINTA SIAPKAN SDM

SAPA INDONESIA - BESARNYA anggaran dana desa yang dikucurkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook