Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

HS. DILLON : FASILITASI REVISI RTRW ACEH TENGAH

kemiskinan-sapa-HarbrindejitDIlon

SAPA - Revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Aceh Tengah agar fungsional dan sesuai kondisi rill masyarakat akan difasilitasi oleh Utusan Khusus Presiden untuk Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Prof Dr HS Dillon.

Hal tersebut dikatakan Dillon, Rabu (10/4) saat melakukan kunjungan kerja di Aceh Rengah dan melakukan dialog terfokus dengan para pemangku kepentingan pembangunan dan jajaran pemerintah kabupaten serta kelompok masyarakat.

Dillon menanggapi persoalan yang disampaikan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin terkait keberadaan RTRW yang membatasi pengembangan lahan garapan bagi masyarakat berdampak pada sulitnya pengembangan ekonomi.

"Tak perlu orang sangat pintar atau sumber daya yang sangat besar untuk membangun daerah, tapi yang terpenting kemauan untuk mendengar aspirasi dan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat," kata Dillon.

Sebelumnya Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengungkapkan keberadaan insfrastruktur menjadi salah satu penyebab masih lemahnya upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Misalnya masih ada jalan berstatus nasional maupun jalan provinsi yang kondisinya perlu mendapat perhatian serius, karena berhubungan dengan sentra produksi pertanian masyarakat," kata Nasaruddin pada pertemuan di Ofroom Setdakab.

Infrastruktur, lanjut Nasaruddin, memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu yang berdampak signifikan bagi pemberdayaan masyarakat adalah terkait dengan regulasi kehutanan.

"Sekitar 21% dari luasan wilayah Aceh Tengah diperuntukkan bagi lahan pertanian, perkebunan kopi, peternakan dan permukiman warga. Lalu 79% lagi berupa kawasan hutan konservasi, hutan lindung dan hutan tanaman industri yang tidak bisa digarap atau dimiliki masyarakat," kata Nasaruddin.

Jadi, menurut Nasaruddin, masih adanya masalah kemiskinan di daerahnya, bukan karena tidak suburnya tanah atau masyarakatnya yang malas, tapi akibat regulasi yang membatasi pengembangan lahan garapan bagi masyarakat.

"Saat ini kami sedang berjuang untuk merevisi RTRW Aceh Tengah, sehingga diharapkan regulasi benar-benar menghadirkan kemakmuran dan bukan untuk menyusahkan rakyat," katanya.

 

Sumber : medanbisnisdaily dot com

Terpopuler

Terbaru

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

SAPA INDONESIA - KONSULTAN Nasional P3MD Kementerian Desa (Kemendes)...
PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - CALON gubernur Ganjar Pranowo mengemukakan...
PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal...
BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Bandung, Dadang M Naser mengungkapkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook