Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ACEH : ANGGARAN BERANTAS KEMISKINAN RP. 2 TRILIUN PERTAHUN

kemiskinan-sapa-2triliunacekkemskn

SAPA - Pemerintah Aceh menyediakan anggaran sekitar Rp 2 triliun per tahun untuk program pemberantasan kemiskinan. Dana tersebut disalurkan melalui sejumlah program, di antaranya BKPG, JKA, bantuan rumah dhuafa, hingga pemberian modal usaha.

Ditargetkan dalam lima tahun ke depan, jumlah penduduk miskin di Aceh berkurang sekitar 9 sampai 10 persen sehingga menjadi 9,46 persen dari total penduduk. Saat ini, angka kemiskinan di Aceh masih sebesar 19,46 persen dari total penduduk, jauh berada di atas angka rata-rata nasional yang hanya sebesar 12 persen.

"Sehingga pada akhir masa jabatan kami nanti, tahun 2017, (angka kemiskinan Aceh) sudah berada di bawah rata-rata nasional," kata Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah dalam konfrensi pers seusai membuka Rakor Percepatan Penurunan Kemiskinan dan Pengangguran di Aceh, rabu (10/4) di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Turut mendampingi Gubernur, Kepala Bappeda Aceh, Prof Dr Abubakar MS, Ketua DPRA, Drs H Hasbi Abdullah, dan utusan dari Menko Kesra.

Gubernur menambahkan, target dimaksud bukan sekedar target, tetapi juga akan diikuti dengan upaya penanganan secara intensif. Rakor kemarin menurut Gubernur, juga sebagai salah satu upaya untuk meminta masukan tentang cara atau sistem yang paling efektif untuk menurunkan kemiskinan. Rakor diikuti antara lain bupati/walikota, SKPA, SKPK, NGO, LSM, BUMN, BUMD, dan kelompok masyarakat lainnya.

"Rakor ini juga sekaligus sebagai merupakan respon kami terhadap kritikan, saran dan usul yang disampaikan Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan, H S Dillon, yang meminta kami bisa menunjukkan kerja nyata untuk kesejahteraan, kemakmuran dan kelanjutan perdamaian di Aceh selama pemerintahan kami lima tahun ke depan," ujar Gubernur Zaini.

Andalkan Pertanian dan IKM

KEPALA Bappeda Aceh, Prof Dr Abubakar Karim, menambahkan, untuk percepatan penurunan penduduk miskin dan pengangguran di Aceh, tidak kurang dari Rp 2 triliun per tahun dialokasikan ke berbagai program. Mulai dari BKPG, JKA, bantuan rumah dhuafa, sampai kepada pemberian modal usaha dan pembinaan kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM). "Sektor pertanian dan IKM kita jadikan andalan," katanya.

Ia melanjutkan, saat ini jumlah penduduk miskin di Aceh sebesar 70 persennya berada di desa dan 30 persen lagi berada di kota. Dari 70 persen yang berada di desa tersebut, sebesar 60 persen adalah kaum perempuan.

Untuk itu, sambung Abubakar, Aceh perlu meningkatkan program IKM agar 60 persen kaum perempuan miskin dan belum berketrampilan bisa memiliki ketrampilan khusus. "Ini menjadi tugasnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bersama dinas teknis lainnya, yaitu Distan, Disnak, Disbun, Diskop dan UKM, serta SKPA lainnya," ujar Abubakar Karim.

 

Sumber : tribunnews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA HARUS MENJANGKAU 40% PENDUDUK LAPISAN BAWAH

DANA DESA HARUS MENJANGKAU 40% PENDUDUK LAPISAN BAWAH

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo meminta agar program-program...
BUMDES DIMINTA KEMBANGKAN BISNIS ALTERNATIF

BUMDES DIMINTA KEMBANGKAN BISNIS ALTERNATIF

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan...
TERIMA DANA RATUSAN JUTA, DESA WANGUNREJO FOKUS KEMBANGKAN PERTANIAN

TERIMA DANA RATUSAN JUTA, DESA WANGUNREJO FOKUS KEMBANGKAN PERTANIAN

SAPA INDONESIA - DANA desa tahun 2017 sudah mulai didistribusikan...
KALAU PENYALURAN RASTRA TAK TELAT, KEMISKINAN PASTI TURUN

KALAU PENYALURAN RASTRA TAK TELAT, KEMISKINAN PASTI TURUN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook