Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENKOKESRA : SIAPKAN KOMPENSASI KENAIKAN BBM

kemiskinan-sapa-kompensasiagung

SAPA - "Pemerintah tengah mempersiapkan bentuk kompensasi terkait rencana pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM)," ungkap Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono

"Masih belum diputuskan bentuk kompensasinya karena hingga saat ini masih terus dimatangkan," kata Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta, Jumat.

Agung menjelaskan, ada beberapa opsi terkait bentuk kompensasi yang bakal dipilih jika harga BBM jadi dinaikkan.

"Opsinya bisa saja bantuan langsung tunai, atau menambahkan kuantum program-program penanggulangan kemiskinan yang telah ada dengan memperluas cakupan peserta atau meningkatkan dana program dan lain sebagainya," paparnya.

Agung memberi contoh, sejumlah program penanggulangan kemiskinan yang bisa ditingkatkan baik dari sisi anggaran atau peserta terkait kompensasi pengurangan subsidi BBM adalah beasiswa sekolah Jaminan Persalinan (Jampersal) gratis, Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Agung menegaskan, semuanya hingga saat ini belum diputuskan dan masih terus dimatangkan agar memberikan dampak seminimal mungkin khususnya bagi rakyat miskin.

Dia juga menambahkan, selain memberi hibah pada rakyat miskin, kompensasi BBM bersubsidi juga akan diarahkan untuk pengembangan energi baru dan terbarukan.

Menurut dia, jika anggaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan sektor keenergian atau peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik lainnya maka manfaatnya akan lebih dapat dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, Agung juga mengatakan subsidi BBM pada saat ini sudah sangat membebani kemampuan fiskal pemerintah dan dinilai tidak tepat sasaran, mengingat yang menikmatinya sebagian besar warga yang mampu.

 

Sumber : antarajatim dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook