Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

450 ANAK YATIM MENERIMA BANTUAN TUNAI DARI UPK PNPM-MP

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperdesaan

SAPA - Sebanyak 450 orang anak yatim piatu se Kecamatan Rengat memperoleh bantuan berbentuk uang tunai senilai Rp 150 ribu per orang. Bantuan tersebut berasal dari sebagian keuntungan usaha simpan pinjam Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

Penyerahan bantuan bagi anak yatim piatu tersebut dilakukan langsung Bupati Inhu Yopi Arianto bersamaan dengan peresmian Kantor Camat Rengat, Rabu (10/4) kemarin. Ketua UPK Kecamatan Rengat, Fitra Rovi SE mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan PNPM-MP di Kecamatan Rengat mulai didanai sejak tahun 2008.

Sebelumnya kegiatan ini lebih dikenal dengan sebutan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan pada tahun 2003.

Untuk melaksanakan kegiatan, di bentuklah UPK yang bertugas untuk mengelola dan membantu memfasilitasi semua tahapan kegiatan dari PNPM-MP kecamatan. Salah satu kegiatan pokok dari UPK, mengelola dana bergulir Simpan Pinjam (SPP). Bahkan asset produktif telah berkembang mencapai Rp 2,9 miliar yang telah dimanfaatkan 464 kelompok penerima dan 2.949 kepala keluarga se-Kecamatan Rengat. Untuk tahun 2012, pada saat pelaksanaan musyawarah antar desa (MAD) terdapat keuntungan senilai Rp 256 juta dari kegiatan SPP.

Forum MAD juga sepakat 30 persen dari keuntungan atau senilai Rp 70 juta akan digunakan untuk pemberian Bantuan Rumah Tangga Miskin berupa bantuan bagi 450 anak yatim. Fitra menambahkan bahwa peran UPK sangat strategis sebab berfungsi sebagai lembaga keuangan dan pengelolaan kegiatan PNPM Mandiri perdesaan yang berada di tingkat kecamatan. Apalagi orientasinya pada peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Pembiayaan yang diberikan hanya untuk usaha miko dan kecil saja jelasnya. UPK Kecamatan Rengat berharap, Bupati Inhu Yopi Arianto dapat merealisaskan bantuan kendaraan operasional sepeda motor yang pernah dijanjikan sebelumnya.

 

inhusatu dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook