Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEKTOR UKM MEMBANTU MENURUNKAN ANGKA KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-ukm1

SAPA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meminta kepada daerah untuk fokus pada pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah agar bisa mengentaskan program kemiskinan.

Deputi Bidang Koordinasi Fiskal dan Moneter Kementerian Perekonomian Bobby Hamzar Rafianus mengatakan total koperasi dan UMKM di Indonesia saat ini mencapai 51,3 juta unit usaha atau 99% total dunia usaha.

"Sektor KUMKM merupakan kontributor terbesar penyerapan tenaga kerja sebanyak 97 % atau sekitar 91 juta orang," katanya, seperti dikutip, Jumat (12/4/2013).

Pemerintah pusat menurutnya saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk lebih memberdayakan sektor KUMKM. Salah satunya termasuk meningkatkan daya saing KUMKM berbasis teknologi informatika (TI) dan meningkatkan revenue KUMKM demi mengikis kemiskinan, yang pada 2012 masih mencapai 11,6%.

Caranya, meningkatkan akses perbankan pada lembaga keuangan, termasuk Jamkrida. "Proyeksi pemerintah, pada 2014, angka kemiskinan turun menjadi 8%. Jadi, pemberdayaan KUMKM merupakan salah satu kunci penting untuk mengentaskan kemiskinan," katanya.

Di Jabar sendiri, jumlah koperasi di Jabar tercatat sebanyak 22.912 unit,dengan anggota sebanyak 4.576.978 orang. Jumlah UMKM tercatat sebanyak 8.249.754 unit dan angka tersebut merupakan 99,8% seluruh pelaku ekonomi di Jabar.

Dari kegiatan usaha tersebut, KUMKM memberikan kontribusi PDRB tanpa migas sebesar 60,86%. Dari jumlah tenaga kerja, sebanyak 15.027.594 orang dengan prosentase 87,12 tenaga kerja terserap di sektor ini.

 

suarapengusaha dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

PEMERINTAH SINKRONKAN DATA TERKAIT PENYALURAN KIP

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH memperbaiki penyaluran Kartu Indonesia...
WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

WASPADA KELOLA KEUANGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMBINAAN kepada kepala desa dan perangkat...
MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

MENDES JANJI BUMDES AKAN TETAP LIBATKAN KOPERASI

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

KEMISKINAN DI MALANG DIPICU PENDIDIKAN RENDAH

SAPA INDONESIA - BUPATI Malang Dr Rendra Kresna mengakui kemiskinan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook