Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENGHEMATAN ANGGARAN DAN PENYEMPURNAAN PROGRAM UNTUK PEMBANGUNAN

kemiskinan-pemiskinan-gubntt

SAPA - Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2013 adalah kegiatan musyawarah yang dilakukan untuk mempersiapkan pembangunan 2014 dan memiliki makna strategis dalam mempersiapkan pembangunan 2013-2018.

"Untuk itu, evisiensi anggaran dan penyempurnaan program perlu dilakukan demi kelancaran pembangunan lima tahun," kata Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya pada pembukaan Musrenbang provinsi NTT di Aula El Tari Kupang.

Lebu Raya mengatakan, NTT merupakan daerah kepulauan yang memiliki potensi unggulan di berbagai sektor. Untuk mengelola potensi-potensi tersebut perlu dilakukan program yang matang. Khusus untuk sektor wisata, diharapkan adanya Sail Komodo 2013 bisa membawa NTT menuju dunia internasional.

Dia mengatakan, kerjasama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) baik lokal maupun nasional dalam empat tahun belakangan ini menunjukkan kinerja yang maksimal. "Masalah pendidikan dan kesehatan juga menunjukkan perubahan yang signifikan," katanya.

Untuk kesehatan, masalah kematian ibu dan bayi melahirkan mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Berikut angka kemiskinan juga menurun dan pengelolaan keuangan sangat baik. Buktinya, selama tiga tahun berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang berpendapat pengelolaan APBD Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). "Kita pasti maju kalau ada kebersamaan," ujarnya.

Menurut Lebu Raya, untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan pembangunan di NTT maka perlu didukung dengan program unggulan seperti Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM), desa wisata dan program unggulan lainnya.

"Saya ingatkan dokumen penting terkait pembangunan harus disiapkan sebelum program disetujui dan ditetapkan," tegas Lebu Raya.

Sementara itu, Max Pohan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan sebelum reformasi, konsep pembangunan hanya dilakukan oleh lintas pemerintah. Sekarang, Musrenbang harus dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

"Dalam konteks pembangunan yang berkesinambungan harus ada fondasi yang kuat menuju pembangunan lima tahun berikutnya," kata Max.

 

nttonlinenow dot com

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook