Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENKO KESRA : JATAH RASKIN AKAN DINAIKKAN 20 KG TAHUN 2014

kemiskinan-pemiskinan-menkokesra2

SAPA - Pemerintah berencana menaikkan jatah beras miskin (Raskin) dari 15 kilogram (Kg) menjadi 20 Kg mulai Januari tahun 2014. Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 4 triliun – Rp 5 triliun Raskin untuk 15,5 juta Rumah Tangga Miskin Sasaran (RTMS) di seluruh tanah air.

"Dibanding 2013 jumlah RTMS mengalami penurunan karena ada perubahan perbaikan kesejahteraan. Pada 2013 ini jumlah RTMS penerima Raskin tercatat 17,7 juta" Kata Menko Kesra Agung Laksono

"Penurunan ini karena yang tadinya miskin jadi tidak miskin. Karenanya, jumlah sasarannya juga menurun," katanya,di Jakarta, Kamis (11/4), seperti dilansir laman kemenko kesra.

Agung menjelaskan, penentuan jumlah Rumah Tangga Miskin Sasaran berdasarkan survei dan data tunggal Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Untuk semakin mematangkan penyaluran raskin ini, menurut Menko Kesra, pemerintah akan mengadakan rapat koordinasi tim raskin di enam daerah, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Maluku, NTT, dan Papua.

Ia menegaskan, meski jumlah sasaran menurun dan jatah beras naik, perhitungan harganya tetap Rp1600/kg meskipun pemerintah membelinya mungkin naik dari harga semula.

Mengenai masalah distribusi, Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, pemerintah akan membuat surat edaran kepada bupati/walikota untuk membantu menyalurkan beras raskin dari titik distribusi hingga titik bagi.

Anggaran untuk 50 ribu titik distribusi ke 100 ribu lebih titik bagi tidak dibebankan kepada masyarakat miskin, tetapi menjadi tangguangan daerah.

"Jangan dibebankan kepada masyarakat miskin," tegas Menko Kesra Agung Laksono seraya menambahkan cadangan beras pemerintah ada 100 ton di tiap kabupaten dan 200 ton di tingkat provinsi.

 

idnews dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

GUNAKAN DANA DESA, LENGKAPI KEBUTUHAN KERJA BIDAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

MITRA BUMDES NUSANTARA PACU PEREKONOMIAN DESA

SAPA INDONESIA - PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Perum...
MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

MENDAGRI: BANGUNLAH DESA TANPA HILANGKAN JATI DIRI

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo...
TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

TARGET TURUNKAN KEMISKINAN, WABUP: BILA TIDAK TERCAPAI BERARTI TIDAK BERHASIL

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Kebumen Yazid Mahfudz membuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook