Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PROGRAM BEDAH KAMPUNG BEDAH 7.500 RUTILAHU

kemiskinan-sapa-7500rutilahu

SAPA - Program Bedah Kampung sejak 2012 hingga April 2013 telah memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (rutilahu) sebanyak 7.500 unit.

"Bedah Kampung sudah kita lakukan di 30 kabupaten-kota jumlahnya rata-rata 250 unit rumah," kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono Laras di Jakarta, Senin.

Bedah Kampung sudah dilakukan antara lain di Sukabumi, Lembang, Bekasi, Serang, Pandeglang, Bogor.
Di Jawa Tengah telah dilakukan di Semarang, Wonosobo, Purworejo, Sukoharjo, Banyumas. Sementara di Jawa Timur di Pacitan dan Tulung Agung.

Selain itu juga di Sumatera Barat tepatnya di Payakumbuh dan Padang, di Maluku Tulehu-Ambon, Pulau Morotai Maluku Utara, Bone Bolango Gorontalo, di Sulawesi Utara yaitu Sangihe, Tomohon, Marampit. Juga di Kendari Sulawesi Tenggara dan Palu Sulawesi Tengah.

"Program ini akan terus berlanjut, dalam waktu dekat kita akan ke Banjarmasin, Bengkulu dan sudah banyak usulan dari Kalimantan Barat serta persiapan di Maros," tambah Hartono.

Di setiap daerah jumlah rumah yang dibedah bervariasi dengan sumber pendanaan dari APBN, APBD maupun dunia usaha melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Terdata sebanyak 2,3 juta RTLH di seluruh Indonesia sementara kemampuan anggaran Kementerian Sosial hanya untuk 15.000 unit RTLH setiap tahunnya.

Kementerian Sosial menganggarkan Rp10 juta untuk satu rumah yang dibedah dengan sistem pengerjaan gotong royong melibatkan semua elemen masyarakat seperti Tagana, TNI dan Polri.

"Rumah sebenarnya bukan tugas Kementerian Sosial, karena itu dunia usaha dan semua pihak sudah kita ajak untuk ikut membantu tapi kita tidak bisa targetkan berapa jumlah yang bisa dibantu," tambah dia.

 

Sumber : antarajambi dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook