Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TNI MASUK DESA BISA MENGURANGI TINGKAT KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-TNImasukdesa

SAPA - Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) bisa mengurangi tingkat kemiskinan di desa, khususnya di pedalaman atau yang tidak tersentuh oleh program-program pemerintah, ungkap Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

"Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa Program TMMD ini sangat besar manfaatnya dalam rangka percepatan pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Gamawan dalam sambutannya saat membuka rakor di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (17/4).

Menurutnya, program TMMD merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan baik di pedesaan maupun di wilayah kumuh perkotaan dan merupakan perekat penguatan integrasi bangsa pada daerah perbatasan antarnegara dan pulau-pulau terluar.

"Sebenarnya, selain program TMMD yang kita kenal, masih banyak program-program penanggulangan kemiskinan yang telah diluncurkan Pemerintah dengan pola pendekatan pemberdayaan masyarakat seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang melibatkan peran serta aktif masyarakat dalam setiap tahapan," ujar Gamawan.

Program TMMD merupakan salah satu program perpaduan dari tiga klaster tersebut, yaitu Program Bantuan Sosial Berbasis Keluarga (klaster 1), Program Pemberdayaan Masyarakat (klaster 2) yang bersinergi dengan kebijakan yang Program Pro Rakyat (klaster 3) dan berfungsi sebagai sarana mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan NKRI.

"TMMD juga merupakan program lintas sektoral bersama TNI, Kementerian, dan Pemerintahan Daerah serta segenap lapisan masyarakat. Melalui program TMMD, diharapkan mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat pedesaan, mengingat proses perencanaannya yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, disusun dengan perpaduan bottom-up dan top down planning system serta dengan pendekatan partisipatif," kata Mendagri.

 

Sumber : merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook