Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BANTUAN PNPM RP 5,6 M UNTUK TEKAN AKI DAN AKB

kemiskinan-sapa-AKIDANAKB

SAPA - Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Generasi Sehat dan Cerdas (GCS) yang difokuskan untuk kesehatan dan pendidikan di 8 Kecamatan di Kabupaten Cianjur. Program tersebut diharapkan bisa menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Penanggung jawab Operasional Kabupaten (PJOKab) PNPM Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto mengatakan, 8 kecamatan yang mendapatkan bantuan PNPM GCS di Kabupaten Cianjur itu yakni, Pasirkuda, Campakamulya, Sukaluyu, Ciranjang, Mande, Cikalongkulon, Sukaresmi, dan Gekbrong. Per kecamatan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp1,8 miliar.

"Total alokasi anggaran untuk program PNPM GCS di Kabupaten Cianjur tahun 2012 sebesar lebih kurang Rp15,6 miliar. Tahun ini juga jumlah kecamatan yang mendapatkan bantuan PNPM GCS masih sama, 8 kecamatan. Hanya saja nilai alokasi bantuannya turun menjadi Rp5,6 miliar. Jadi, yang menentukan alokasi dan lokasi penerima bantuan adalah kewenangan pemerintah pusat," kata Dendy, Rabu (17/4/2013).

Dendy tak mengetahui persis alasan turunnya nilai bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat dalam PNPM GCS. Namun secara umum, progres pelaksanaan PNPM GCS selama tahun 2012 terbilang bagus.

"Jadi teknis pelaksanaan PNPM GCS itu adalah mendorong ibu hamil untuk berobat ke fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan. Nantinya, ongkos operasional selama perjalanan dari rumah mereka ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan itu diganti. Kasusnya akan berbeda ketika ibu melahirkan itu didatangi bidan. Mereka tak mendapatkan bantuan.

Intinya, program ini dimaksudkan agar ibu-ibu hamil dan melahirkan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, sehingga tingkat kasus AKI dan AKB bisa terus ditekan. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di pelosok daerah," terang Dendy yang juga menjabat sebagai Kasubbid Data dan Potensi Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ketahanan Pangan Daerah (BPMD-KPD) Kabupaten Cianjur.

Dia menyebutkan, PNPM GCS di Kabupaten Cianjur baru dilaksanakan tahun lalu. Sebetulnya, tahun 2013 berharap ada penambahan kuota lokasi jadi sebanyak 15 kecamatan. Namun ternyata kuotanya masih tetap sebanyak 8 kecamatan.

"Kalau PNPM GCS itu menurut informasinya akan dilaksanakan hingga tahun 2017. Di Jawa Barat, kalau tidak salah ada 80 kecamatan yang menerima bantuan PNPM GCS ada 7 kabupaten, yakni Cianjur, Garut, Kabupaten Bandung Barat, Subang, Sumedang, Kuningan, dan Sukabumi," tuturnya.

Untuk mendukung PNPM GCS, dukungan dari lintas sektoral pun diperlukan. Saat ini fasilitatornya direncanakan dibekali pemahaman mengatasi anak-anak kekurangan gizi (stunting). Menurutnya, yang menentukan layak atau tidaknya masyarakat menerima bantuan tersebut adalah masyarakat di lingkungannya sendiri.

"Jadi masyarakat di lingkungan itu yang mengusulkan penerimannya," sebutnya.

Sementara berkaitan dengan PNPM Perdesaan, nilai bantuan di tahun 2013 pun mengalami penurunan dari tahun 2012. Jika tahun lalu mendapatkan bantuan sebesar Rp50 miliar, tapi tahun 2013 turun menjadi lebih kurang Rp48 miliar.

 

Sumber : inilahkoran dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook