Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEKOLAH SEHAT SOSRO PERSIAPKAN GENERASI PENERUS YANG BERKUALITAS

sekolahsehatsosrosapa.or.id - Pendidikan merupakan bekal hidup yang tak ternilai dan tak kekang dimakan oleh waktu. Sebagai salah satu perusahaan minum terbesar di Indonesia, PT Sinar Sosro mengerti betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa.

Sebagai rangkaian pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) di sektor pendidikan, PT Sinar Sosro telah menyelesaikan seluruh tahapan program. Program Sekolah Sehat Sosro didirikan, dilaksanakan dan dilandasi dengan filosofi bisnis PT Sinar Sosro, yaitu niat baik, yang tercermin dalam setiap produknya yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, PT Sinar Sosro senantiasa menerapkan prinsip 3K RL, yaitu peduli pada kualitas, keamanan, kesehatan dan ramah lingkungan pada kesehariannya.

Program Sekolah Sehat Sosro merupakan program pembentukan sistem pengelolaan sekolah yang menjamin terwujudnya kualitas sekolah yang bersih, hijau, hemat, kreatif, aman, damai dan berkelanjutan. Tentunya ketujuh prinsip tersebut diharapkan dapat menjadi acuan pola pikir, sikap dan juga tindak bagi semua pihak sekolah.

Penerapan program pendidikan ini dilakukan dalam 5 tahap, yaitu membangun visi Sekolah Sehat Sosro, membangun komitmen komunitas sekolah melalui workshop, penguatan komitmen, perencanaan juga tidak lanjut program Sekolah Sehat Sosro, membangun sistem serta jaringan sekolah dan membentuk sekolah inti sebagai pusat pembelajaran Sekolah Sehat Sosro.

Sekolah Sehat Sosro yang diresmikan pada tanggal 22 September 2011 ini merupakan wujud kepedulian PT Sinar Sosro bersama Kemendikbud terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Seperti yang diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur PT Sinar Sosro, Joseph S. Sosrodjojo, "PT Sinar Sosro, melalui program CSR, memulai secara bersama-sama dengan Kemendikbud dan pihak-pihak yang peduli untuk melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik dan pengelola pendidikan tentang pentingnya perilaku, pola pikir serta pola tindak hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Kami berharap lewat program ini akan tercapai kualitas SDM Indonesia yang lebih baik dan tentunya bagi sekolah terbaik program ini yang mendapat penghargaan diharapkan mampu menjadi sekolah model yang dapat memberikan pengaruh positif bagi sekolah-sekolah lain di sekitarnya ."

Tanpa dukungan dari semua pihak, terutama sekolah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai perwakilan dari pemerintah, program ini tidak dapat berjalan dengan baik. Prof. Dr. Mohammad Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyampaikan pendapatnya mengenai program pendidikan tersebut, "Saya melihat bahwa program CSR PT Sinar Sosro dengan pola kemitraan yang dibangun dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah berhasil memberikan sumbangan yang berarti untuk kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya dalam pendidikan budaya sehat sekolah, dengan demikian di masa depan akan tercipta peserta didik yang sehat yang siap menjadi generasi penerus berkualitas."

Sejak tahun 2011, Sekolah Sehat Sosro telah melibatkan sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 4 Sekolah Dasar, 4 Sekolah Menengah Pertama dan 4 Sekolah Menengah Atas yang tersebar di di beberapa provinsi di Indonesia. Kedua belas sekolah tersebut adalah:

 

Sekolah Dasar

  • SDN Tamanan Kediri – Jatim (Program SSS angkatan pertama)

  • SDN 9 Mempawah, Pontianak – Kalbar
  • SDN CBN Surya Kencana, Sukabumi – Jabar
  • SDN 11 Mataram


Sekolah Menengah Pertama

  • SMPN 6 Banjarmasin – (Program SSS angkatan pertama)
  • SMPN 2 Mempawah, Pontianak – Kalbar
  • SMPN 10 Malang – Jatim
  • SMPN 3 Lebak – Banten


Sekolah Menengah Atas

  • SMAN 7 Mataram – Lombok (Program SSS angkatan pertama)
  • SMAN 7 Banjarmasin – Kalsel
  • SMKN 01 Mempawah, Pontianak – Kalbar
  • SMAN 1 Majalengka – Jabar


Dari ke – 12 sekolah diatas, PT. Sinar SOSRO telah memilih 3 sekolah sebagai Sekolah Binaan Angkatan ke – 1 untuk masa periode tahun 2011 s/d 2013. Ke 3 sekolah tersebut adalah :

  1. SDN Tamanan Kediri – JATIM
  2. SMPN 6 Banjarmasin – KALSEL
  3. SMAN 7 Mataram Lombok - NTB


Kemudian pada tanggal 17 Oktober 2012, telah terpilih tiga sekolah kembali 3 sekolah yang akan menjadi Sekolah Binaan Inti untuk angkatan ke – 2 dengan Masa periode tahun 2012 s/d 2014 yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria penilaian, diantaranya yakni tingkat partisipasi peserta dalam workshop, pencapaian key performance indicator (KPI) workshop, perencanaan program yang masuk dalam RAPBS dan indikator pendukung terkait . Tiga sekolah yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah :

 

  1. SDN 11 Mataram Lombok - NTB,
  2. SMPN 3 Rangkasbitung - BANTEN dan
  3. SMKN 1 Mempawah Pontianak – KALBAR


Selain itu, terpilih juga 1 sekolah favorit, yaitu SMPN 10 Malang – JATIM.
"Kami merasa senang sekali menjadi bagian dari program Sekolah Sehat Sosro dan mampu meraih predikat Sekolah Sehat Sosro tingkat SMP, oleh karena itu kami merasa perlu untuk terus menerus secara konsisten mengaplikasikan aspek budaya sekolah sehat dalam operasional sekolah sehingga peserta didik tidak hanya paham dalam aspek teori, tapi juga paham dalam tindakan", ujar Harun, S.Pd selaku kepala sekolah SDN 11 Mataram, Lombok - NTB.

 

Sumber : detik dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook