Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARMIN: PNPM PERCEPAT PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Pnpm

sapa.or.id - Pemerintah Indonesia mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri yang terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Perkotaan serta PNPM Mandiri wilayah khusus dan desa tertinggal sejak tahun 2007 lalu.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Babel, program nasional terus digulirkan hingga saat ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Babel, Tarmin AB mengatakan, PNPM Mandiri Perdesaan adalah program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutkan. Pendekatan PNPM Mandiri Perdesaan merupakan
pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang selama ini dinilai berhasil. Beberapa keberhasilan PPK adalah berupa penyediaan lapangan kerja dan pendapatan bagi kelompok rakyat miskin, efisiensi dan efektivitas kegiatan serta berhasil menumbuhkan kebersamaan dan partisipasi masyarakat.

Visi PNPM Mandiri Perdesaan, tercapainya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin perdesaan. Kesejahteraan berarti terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat. Kemandirian berarti mampu mengorganisir diri untuk memobilisasi sumber daya yang ada di lingkungannya, mampu mengakses sumber daya di luar lingkungannya serta mengelola sumber daya tersebut untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Misi PNPM Mandiri Perdesaan sendiri, peningkatan kapsitas masyarakat dan kelembagaannya, pelembagaan sistem pembangunan partisipatif, pengefektifan fungsi dan peran pemerintahan lokal.

"Disamping itu peningkatan kualitas dan kuantitas prasarana sarana sosial dasar dan ekonomi masyarakat serta pengembangan jaringan kemitraan dalam pembangunan," ujar Tarmin AB kepada bangkapos.com, Minggu (04/11/2012).

Dalam bidang pembangunan yang mengedepankan pendekatan partisipatif, sejak tahun 1998
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum terlibat dalam program pemberdayaan, yang pada tahun tersebut menggunakan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) hingga tahun 2006. Atas keberhasilan PPK tersebut, program pemberdayan menjadi issue utama pemerintah pusat
dengan mensinergikannya ke dalam Program Nasional Pemberdayaa Masyarakat (PNPM).

Penulis : rusaidah
Editor : asmadi
Sumber : bangkapos dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook