Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH HARUS SERIUS TANGANI KELUHAN RASKIN

sapa.or.id - Sosiolog Universitas Nasional Nia Elvina menyatakan bahwa pemerintah harus serius menangani keluhan-keluhan masyarakat mengenai kualitas beras untuk rakyat miskin (Raskin).

"Saya pikir kita semua harus fokus terhadap permasalahan semacam ini, terutama kaum intelektual termasuk di dalamnya mahasiswa," katanya di Jakarta.

Menanggapi kasus kualitas Raskin yang sangat rendah yang diterima oleh masyarakat miskin di perdesaan Indonesia, khususnya di Pandeglang, Provinsi Banten, ia meminta keseriusan pemerintah menanggapi masalah seperti itu.

"Pemerintah harus serius menangani keluhan masyarakat ini, karena kasusnya telah terjadi tiga kali," kata anggota peneliti Kelompok Studi Perdesaan Universitas Indonesia (UI) itu.

Ia menilai, kondisi tersebut --yakni ditemukannya Raskin berkualitas rendah-- merefleksikan pemerintah memang belum mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Pemerintah masih memperlakukan masyarakat miskin sebagai objek tanpa mengutamakan nilai kemanusiaan," katanya.

Menurut Sekretaris Program Ilmu Sosiologi Unas tersebut, hal itu sama saja memperlakukan manusia dengan tidak manusiawi, yakni memberikan beras yang berkutu dan berdebu.

"Sama sekali tidak layak untuk dikonsumsi, dan itu sangat memprihatinkan. Masyarakat miskin masih juga harus membayar," katanya.

Ia mengatakan bahwa kaum intelektual termasuk mahasiswa mesti memberikan sorotan, sehingga implementasi kebijakan pemerintah yang mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan segera dieliminasi.

"Jika pemerintah tetap memperlakukan masyarakat miskin, baik itu petani maupun nelayan sebagai objek, maka kemajuan bangsa ini akan sulit tercapai," kata Nia Elvina.


Sumber : Sinar Harapan

Terpopuler

Terbaru

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...
SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - BUPATI Purworejo H Agus Bastian SE MM menginstruksikan...
BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

SAPA INDONESIA - PEMKAB Banjarnegara pada tahun ini menargetkan...
DANA DESA DITERIMA BULAN JUNI

DANA DESA DITERIMA BULAN JUNI

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Pembangunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook