Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

POSISI LEMAH PETANI BABEL

SAPA - Pro Kontra investasi perkebunan sawit di Kabupaten Bangka kerap terjadi. Baru-baru ini pro kontra kembali berulang di Desa Pugul. Kondisi ini terjadi biasanya karena adanya komunikasi yang kurang nyambung. Masyarakat merasa hadirnya perkebunan diantara mereka belum memberi ruang bagi mereka untuk menikmati hasil seperti yang dinikmati perusahaan perkebunan. Kesenjangan perekonomian antara pemilik kebun dengan masyarakat yang memiliki wilayah begitu jauh menganga. Sehingga wajar perasaan kurang adil menghinggapi sebagian masyarakat.

Sementara bagi pihak perusahaan merasa kehadiran mereka justru dapat memberikan ruang sukses kepada masyaralat untuk berkembang dan membangun. Namun karena komunikasi yang tidak nyambung menyebabkan dua perasaan ini seringkali mengganggu sinergi di sekitar wilayah perkebunan. Pemerintah daerah yang diharapkan menjadi jembatan dua perasaan ini kerap kali dituding berat sebelah memihak para investor. Berdalih meningkatkan pendapatan daerah dan membangun daerah, pemerintah seringkali mengesampingkan harapan rakyatnya sendiri.

Tanah yang selama ini telah mampu menghidupi masyarakat di pedesaan tidak didorong lebih maju lagi. Justru sebagian masyarakat merasa mereka ditinggalkan. Penguasa negeri dirasakan masyarakat lebih memihak pengusaha. Sehingga tidak jarang keinginan masyarakat untuk tetap mempertahankan tanah sekitar wilayah mereka tinggal tidak terpenuhi. Bahkan tidak jarang menjadi milik pengusaha.

Sudah seharusnya Pemerintah Daerah mau dan mampu mendorong pertumbuhan dan stabilitas ekonomi melalui pembangunan sektor pertanian, yang diarahkan untuk meningkatkan produksi pertanian dan nilai tambah, memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan sebagian besar anggota masyarakat yaitu petani. Pendapatan petani dan nelayan yang makin meningkat akan mendorong peningkatan permintaan dalam negeri terhadap hasil industri dan jasa.

Selanjutnya, dalam rangka mendukung pemerataan, pembangunan pertanian juga berperan dalam mengentaskan penduduk dari kemiskinan, mengurangi kesenjangan pendapatan antardaerah dan antargolongan masyara-kat, serta dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan pertanian memegang peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi terutama untuk meningkatkan taraf hidup petani sebagai kelompok masyarakat yang terbesar di negeri Serumpun Sebalai ini.

Petani kita saat ini masih menghadapi pendapatan yang masih rendah. Hal ini disebabkan, antara lain, oleh belum dimanfaatkannya secara optimal kelembagaan petani.

Keadaan ini dicerminkan antara lain, oleh masih lemahnya daya tawar petani dan sistem bagi hasil yang dapat merugikan petani kecil dan golongan petani termasuk nelayan yang tidak memiliki modal. Kelemahan posisi petani tersebut erat kaitannya dengan belum berkembangnya kesadaran pemerintah dalam membuat kebijakan yang berpihak terhadap petani kita.

Oleh karena itu, tantangan dalam pembangunan pertanian sekarang ini dan kedepan adalah membangun sistem kelembagaan pertanian yang mampu melakukan pembaharuan yang menunjang pembangunan pertanian di perdesaan, sebagai salah satu prasyarat keberhasilan.

Bukannya menciptakan kesenjangan antara petani dan para penguasa perkebunan. Jika ini tetap dibiarkan, maka pro kontra akan terus bermain dalam lingkaran masyarakat petani kita.


Sumber : Bangkapos dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Desa Tertinggal,...
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

SAPA INDONESIA - DI bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo...
DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

SAPA INDONESIA - ANGGOTA Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera...
19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

SAPA INDONESIA - DANA Desa yang diterima desa di lokasi Kota...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook