Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JALIN KESRA UNTUK TURUNKAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-kesraturunkankemiskinanSAPA - Gubernur Soekarwo mengatakan, program jalan lain menuju kesejahteraan masyarakat (Jalin Kesra) merupakan upaya Pemprov Jatim untuk mengentaskan kemiskinan.

Menurut Pakde Karwo – panggilan Soekarwo, melalui program Jalin Kesra, orang yang tidak mampu, baik rumah tangga sangat miskin (RTSM) maupun rumah tangga miskin (RTM) diurus dan diajak berbicara untuk selanjutnya diberi program bantuan untuk mengintervensi dan meningkatkan hajat hidup mereka.

"Bentuknya mulai memberikan bantuan cash tranfer, usaha produktif sesuai skill dan kebiasaan yang dimiliki RTSM, hingga memberikan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," ujarnya, Kamis (22/11/2012).

Dikatakan Pakde, pemerintah harus mengintervensi kelompok maskin, karena mereka tidak bisa dipaksa menyelesaikan kemiskinan. "Makanya pemerintah menetapkan Jalin Kesra untuk membantu maskin," jelasnya.

Melalui program Jalin Kesra tersebut, berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2012, kemiskinan di Jatim turun 3,28 persen dari 16,68 persen menjadi 13,40 persen. Dalam pembangunan, turun sekitar 1 persen saja sudah luar biasa.

"Ini sudah 1 persen lebih. Hampir tidak ada jurnal tentang kemiskinan yang mengatakan satu tahun mengalami penurunan kemiskinan 1 persen," tegasnya.

Untuk itu, diharapkan Maret 2013 nanti, angka kemiskinan di Jatim turun tinggal 12 persen. Dan pada Maret 2014 atau di akhir pemerintahannya, Pakde Karwo berharap angka kemiskinan menjadi hanya 11 persen saja.

Dikatakan, program pro poor melalui Jalin Kesra menyasar 493.004 RTSM di seluruh Jatim. Tiap RTSM diberi bantuan antara Rp 2,5 – 3,5 juta yang dilakukan secara bertahap. Dari jumlah itu, pada 2010 telah menjangkau 69.685 RTSM, tahun 2011 menjangkau 92.655 RTSM, dan tahun 2012 ini dialokasikan bagi 92.529 RTSM yang tersebar di 29 Kabupaten.


Sumber : surya online

Terpopuler

Terbaru

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

MENSOS: 70 TAHUN KE ATAS DAN KURANG MAMPU BERHAK DAPAT PKH LANSIA

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menuturkan...
KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

KADES DIMINTA LAKSANAKAN KEGIATAN SESUAI KETENTUAN

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes...
LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

LAPOR BUPATI, JALUR CEPAT SELESAIKAN MASALAH

SAPA INDONESIA - WARGA Jepara semakin dimudahkan dalam melaporkan...
BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

BUPATI KUDUS DIKUKUHKAN SEBAGAI BAPAK PKL

SAPA INDONESIA - PUNCAK acara Gebyar PKL Kabupaten Kudus ke-5...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook