Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JUMLAH PENGANGGURAN CAPAI 7.61 JUTA JIWA

kemiskinan-sapa-penganggurancapaiSAPA - Pertumbuhan jumlah lapangan pekerjaan tidak selaras dengan pertumbuhan penduduk. Jumlah pengangguran kini mencapai 6,23% atau 7,61 juta jiwa. Hal itu dikarenakan terbatasanya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan. Kewirausahaan sosial UMKM perlu didorong sebagai bisnis usaha yang memberikan manfaat bagi pemberdayaan masyarakat sekitar.

Dosen Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fisipol UGM Dr Hempry Suyatna MSi mengatakan, kewirausahaan sosial UMKM tidak hanya didorong untuk semata-mata mengejar keuntungan, melainkan juga bisa mengatasi persoalan kemiskinan yang ada di lingkungan sekitarnya.

"Makin banyak wirausaha sosial yang muncul maka akan membantu mengatasi persoalan kemiskinan," katanya dalam talkshow "Tantangan Menjadi Wirausaha Sosial Lewat UMKM" di seminar pascasarjana Fisipol.

Hadir pula menjadi pembicara Ketua Umum Asosiasi Pekerja Kerajinan RI Amir Panzuri dan Pengelola Desa Kebangsaan di Imogiri Bantul Nasrudin Anshory.

Disebutkan, jumlah penduduk miskin di Indonesia yang kini mencapai 11,96% atau 29,13 juta orang bisa dikurangi apabila masyarakat kelas menengah diajak untuk berempati merangkul penduduk miskin. Dicontohkan, gerakan sodaqoh jika dimanfaatkan secara optimal tentunya akan mendorong tumbuhnya kegiatan UMKM.

Nasrudin Anshory mengatakan, kewirausahaan sosial tidak hanya bisa membantu mengentaskan kemiskinan namun bisa diarahkan untuk menjaga kehidupan lingkungan agar tetap hijau dan asri. Dia mencontohkan, di Pondok Pesantren Imogiri Bantul yang dikelolanya saat ini menerapkan aturan bagi pasangan santri laki dan perempuan yang akan menikah disyaratkan untuk menyediakan bibit pohon jati sebanyak masing-masing 20 bibit untuk ditanam.

 

Sumber : Suara merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook