Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMBERIAN KREDIT TANGGULANGI KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-pemberiankreditSAPA - Bagi Lembaga Keuangan Mikro (LKM), kredit yang digulirkan bukanlah sebagai tujuan namun kredit dapat dimanfaatkan sebagai sarana menanggulangi kemiskinan sehingga tujuan akhir pemberdayaan masyarakat akan tercapai.

Hal inilah sebagai poin penting dari hasil rekomendasi Temu Nasional ke-IV Keuangan Mikro di Yogyakarta, beberapa saat lalu. Selain itu lembaga keuangan mikro perlu waspada akan maraknya pertumbuhan LKM yang hanya mementingkan sisi bisnis belaka (business oriented), tanpa berorientsi pada aspek keberdayaan (social oriented).

"Maraknya pertumbuhan lembaga keuangan mikro yang bersaing secara tidak sehat akan menyebabkan pengusaha mikro terlibat hutang berlebih (over indebtedness) sehingga tidak mampu mengembalikan pinjaman," kata Bambang Ismawan, Sekjen Gerakan Bersama Pengembangan Keuangan Mikro (GEMA PKM) Indonesia di Hotel UNY Yogyakarta.

Ditambahkan, lembaga keuangan mikro perlu mengkonkritkan kinerja dengan merumuskan indikator sosial para pengusaha mikro yang dilayaninya. Indikator tidak cukup hanya pada tingkat pengembalian (financial indicator) melainkan juga dampak sosial (social performance indicator) atas kredit yang disalurkan. LKM perlu menyamakan persepsi terhadap pengertian financial inclusion yakni pelayanan keuangan mikro untuk semua kalangan, khususnya masyarakat miskin yang belum mendapatkan pelayanan keuangan mikro.

Selain itu para peserta Temu Nasional ke-IV ini sepakat memberi dukungan permodalam untuk memperkuat LKM. Sehingga pembentukan lembaga wholesaler atau Organisasi Apex bagi LKM merupakan sesuatu yang mendesak. Sehubungan dengan hal ini, Gema PKM Indonesia sebagai 'wadah' organisasi lembaga keuangan mikro, direkomendasikan untuk mendorong para pihak mewujudkan adanya lembaga wholesaler keuangan mikro.

"Peserta temu nasional mendorong lembaga-lembaga asuransi untuk mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat diakses oleh para pengusaha mikro dan merekomendasikan Gema PKM Indonesia mendorong diwujudkannya kerangka hukum tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Keuangan Mikro dan UU tentang Lembaga Keuangan Mikro. Hal ini untuk menunjukkan profesionalitas dan akuntabilitas melalui sertifikasi pengelola dan lembaga," tegas Bambang Ismawan.

Temu Nasional ke-4 Keuangan Mikro dengan tema "Membangun Indonesia dari Desa melalui Keuangan Mikro" yang digelar Gema PKM Indonesia ini diikuti sebanyak 250 peserta dari komunitas keuangan mikro. Dalam kesempatan itu hadir pula Deputi Menteri Koperasi dan UKM, Dr Choirul Djamhari mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Ir Astungkoro MHum, Assisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mewakili Gubernur DIY dan Direktur Bank Rakyat Indonesia, Djarot Kusumajakti.

Temu Nasional kali ini dimaksudkan untuk mengisi Tahun Internasional Koperasi yang telah dicanangkan PBB dan diselenggarakan berhimpitan dengan International Microfinance Conference di Yogyakarta.

Kegiatan internasional dan nasional ini perlu dirangkai agar para peserta dapat mengetahui isu-isu keuangan mikro di tataran nasional dan internasional antara lain pentingnya gerakan keuangan untuk semua (financial inclusion). Untuk itulah usai temu nasional, peserta sepakat bahwa membangun Indonesia dari desa melalui keuangan mikro sebagai strategis untuk mengurangi urbanisasi, capital flight dan meningkatkan keberdayaan masyarakat desa.


Sumber : Kedaulatan rakyat online

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook