Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENKO KESRA DESAK MENAKERTRANS STOP PENGIRIMAN TKI KE MALAYSIA

SAPA - Menko Kesra HR. Agung Laksono naik pitam melihat para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) informal khususnya para Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang dikirim ke Malaysia dilecehkan. Menko Kesra meminta seluruh pengiriman PRT ke luar negeri terutama Malaysia dihentikan.

Pengiriman TKI ke Malaysia sepenuhnya menjadi tanggung jawab Menakertrans Muhaimin Iskandar. Muhaimin selama ini dikritik lantaran tidak mengambil sikap tegas terkait perlindungan TKI di Malaysia.

"Kita tahu semua bahwa paling banyak TKI sektor informal atau PRT dikirim ke Malaysia. Saya dengar hampir setiap minggu ada pemerkosaan bahkan sampai dibunuh. Sebagian pasrah dan sebagian dari PRT tersebut melawan," kata Agung kepada detikcom, Jumat (23/11/2012).

Dijelaskan Menko Kesra sebanyak 1 juta lebih TKI yang berada di luar negeri sekitar 25 persennya berada di Malaysia. Menurut Agung, tidak usah lagi berpikir bagaimana hubungan kedua negara termasuk sektor ekonominya.

"Sekarang bukan lagi dampak sektor ekonominya namun bagaimana nasionalisme kita. Hentikan segera pengiriman PRT ke negara-negara luar terutama Malaysia. Dihentikan semuanya. Kalau yang TKI formal, seperti bekerja sebagai buruh, perawat atau yang lainnya tidak apa-apa namun khusus PRT jangan lagi dikirim," tegas Agung.

"Negara seperti Sri Lanka dan Bangladesh saja sudah berhenti mengirimkan tenaganya ke negara-negara lain karena memang banyak yang dilecehkan bahkan dihamili," imbuh Agung kembali.

Apa solusi dari Agung terhadap PRT yang diberhentikan pengirimannya? Ia menyampaikan, pemerintah memiliki beberapa program seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Nantinya, Agung berharap seluruh TKI informal tersebut bisa diberdayakan oleh dalam negeri sendiri.

"Selain itu kelas menengah kita tumbuh sangat pesat. Nah ini bisa jadi bagian dari usaha mereka (TKI informal). Bisa mereka dipekerjakan oleh kelas menengah ini sebagai PRT juga," tutur Agung.(Dn/Gs).


Sumber : menkokesra dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook