Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PNPM DAN PEMKOT HARUS BERSINERGI

kemiskinan-sapa-pnpmmperkotaanSAPA - Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Pemerintah Kota (Pemkot) harus bersinergi, sehingga dapat menekan angka kemiskinan di Kota Kupang.

"Program yang dibuat PNPM Mandiri juga harus sesuai dengan program Pemkot di mana mereka menyesuaikan dengan hasil Musrenbang di tingkat kelurahan, kecamatan dan kota yang juga duduk bersama dengan NGO, CSR dan lainnya," ujar Kepala Bappeda Kota Kupang Ely Wirata, saat membawakan materi tentang PNPM Mandiri Perkotaan.

Dia mengatakan, dalam program penanggulangan kemiskinan pihaknya bekerja sama dengan para LSM, dunia usaha, BKM, camat, lurah dan media untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan usaha mikro.

Peran pemerintah hanya memfasilitasi antara masyarakat dengan PNPM yang merupakan program pusat yang harus diaplikasikan di semua daerah di Indonesia di mana program itu dibuat atas dasar rencana masyarakat, mengerjakannya dan mengevaluasi bersama dengan pemerintah.

Dalam hal ini Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) adalah dari masyarakat sendiri untuk mengelolanya didampingi fasilitator.

Indikator penanggulangan kemiskinan sendiri sudah dibuat oleh PNPM Mandiri yang bergerak di bidang sanitasi, air bersih, infrastruktur jalan dan lainnya.

Kepala PNPM Mandiri Kota Kupang Denny Sonlae menjelaskan bahwa pihak PNPM sendiri memiliki program tridaya yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan yang mencakup 49 kelurahan dengan bantuan dana Rp 7 miliar dan sharing APBD Kota sendiri tahun 2013.

Dia menambahkan, di setiap kelurahan ada tujuh fasilitator sebagai pendamping yang terdiri dari fasilitator teknik, sosial dan pemberdayaan.

Kepala BPS Kota Kupang Adi Manafe mengatakan, antara Pemkot dan program apa saja yang membangun di Kota Kupang harus bersinergi. Kalau semua komponen bersama, tentu semua permasalahan kemiskinan kota ini dapat diatasi.


Sumber : Victory News

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook