Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DIREHAB, 200 RUMAH WARGA MISKIN DI PADANG

 kemiskinan-sapa-rmhmiskinpadang

SAPA - Kota Padang mendapat program rehab rumah tak layak huni dari Ditjen Pem­berda­yaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial RI.

Rencananya 200 unit rumah tak layak huni di Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Padang Utara dan Kecamatan Padang Barat akan diperbaiki.

Selain itu juga akan dibangun sarana lingkungan dan bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUBE) untuk 80 orang yang tergabung pada 20 KUBE. Bantuan diberikan dalam bentuk pelatihan dan modal usaha budidaya ikan lele.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang, Haryadi Dahlan didampingi Kabid Humas Richardi Akbar kepada Haluan Jumat (23/11), usai rapat panitia pelaksana Program Bedah Kampung 2012 di Ruang Sidang Balaikota Padang mengatakan, Bedah Kampung merupakan program Ditjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial RI melalui kegiatan Rehabilitasi Sosial Rumah Tak Layak Huni (RS-RTLH), Sarana dan Prasarana Lingkungan dan Bantuan UEP KUBE.

"Dalam pelaksanaannya di lapangan, program ini mengedepankan partisipasi masyarakat dan semangat gotong-royong. Oleh sebab itu diperlukan peran serta dan dukungan masyarakat, organisasi sosial, dan LSM untuk mensukseskannya," kata Haryadi.

Kota Padang dipilih sebagai lokasi uji coba pelaksanaan program ini. Bila program ini sukses, tahun depan program serupa akan dilanjutkan untuk seluruh rumah tak layak huni di Padang.

Program Bedah Kampung tidak hanya ditangani Kementerian Sosial saja tetapi melibatkan lintas sektor dengan beberapa kementrian terkait.

"Sedangkan waktu pelaksanaannya, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemprov Sumbar dan juga Kementrian Sosial RI. Yang pasti ditargetkan akhir Desember selesai," katanya.

Diharapkan dengan program ini, masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dan tidak mampu memperbaikinya, sedikit bernafas lega. Karena bisa juga mendiami rumah yang lebih nyaman dari sebelumnya. Apalagi mereka yang rumahnya dibedah adalah kaum miskin berdasarkan data PPLS.

Kepala Dinas Sosial Sumbar Abdul Gafar yang dihubungi terpisah menjelaskan, program Bedah Kampung ini untuk masyarakat miskin yang terdata pada data PPLS 2011.

Untuk tahun 2012 ini, Pemko Padang dan Pemko Payakumbuh mengajukan usulan Bedah Kampung masing-masing 200 unit. Setiap rumah akan dibantu pembangunannya Rp10 juta dibantu dana sharing masing-masing daerah.

"Setiap rumah yang akan dibedah mendapat bantuan Rp10 juta ditambah dana sharing dari kabupaten/kota masing-masing. Untuk pembangunannya dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan masyarakat setempat," katanya. (h/vie)

 

harianhaluan dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook